Portal Berita Papua Barat

Henri Sembiring: Biar Tidak Ada Pasien, Puskesmas Tetap Harus Buka

0 109
Henri Sembiring
Henri Sembiring – Acara serah terima jabatan 8 kepala PKM se-Kab. Manokwari dan dua kepala bidang di lingkup Dinas Kesehatan Kabupaten Manokwari Yang dipimpin langsung oleh kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Manokwari, drg. Henri Sembiring, Kamis (15/2/2018).(Foto: Clemens Mandacan/PBOKe)
Manokwari, Papuabaratoke.com – Henri Sembiring.  Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Manokwari, drg. Henri Sembiring mengingatkan para kepala pusat kesehatan masyarakat (PKM) agar terus berupaya meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Hal itu disampaikan Sembiring ketika memimpin langsung serah terima jabatan 8 kepala PKM dan dua kepala bidang di dinasnya, termasuk Sekretaris Dinas juga ikut diganti, dari pejabat lama Herman Mandacan kepada dr. Firman. Untuk sekretaris belum dilakukan serah terima jabatan.

“Saya sampaikan penghargaan yang sebesar-besarnya, kita bekerja untuk masyarakat. Kepada pejabat yang baru harus lebih baik, telah diarahkan bupati bahwa biar tidak ada pasien, puskesmas tetap harus buka,” kata Sembiring, Kamis (15/2/2018).

Adapun kepala PKM yang diganti, yakni PKM Sidey, Mobja, Prafi, Warmare, Amban, Pasir Putih, Nuni, dan Mansinam. Sementara, lima puskesmas lainnya tidak dilakukan pergantian.
Dia mengatakan pergantian pejabat ini adalah murni rotasi ditubuh organisasi dalam rangka penyegaran– karena pergantian ini merupakan kewenangan bupati.

Foto bersama Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Manokwari, drg. Henri Sembiring (tengah) dan kepala-kepala puskesmas baru dan lama.(Foto: Clemens Mandacan/PBOKe)

“Tidak ada yang salah tidak ada yang benar tetapi semua untuk kepentingan pelayanan kepada masyarakat,” ujarnya. Untuk memastikan aktivitas di lingkungan PKM berjalan sesuai arahan bupati, Sembiring meminta setiap kepala PKM mengaktifkan kembali apel. Tidak hanya itu, pelaksanaan apel harus difoto dan dilaporkan melalui pesan whatsapp.

“Ini supaya tidak ada dusta diantara kita. Saya berterima kasih kepada puskesmas-puskesmas yang sudah melaksanakan apel yang selama ini dipimpin oleh pejabat lama,” ucap Sembiring.
Sembiring mengingatkan, para kepala PKM yang baru dilantik agar menjaga kepercayaan dan melaksanakan tugas dengan baik. Pasalnya, pimpinan PKM dapat diganti oleh bupati jika berkinerja buruk.

“Bupati sangat tegas dan memantau. Jangan ada pungutan liar, jangan ada puskesmas yang tutup atau kosong dan pelayanan kurang baik, karena bupati akan ambil tindakan tegas tanpa melalui konfirmasi dengan saya,” ujarnya lagi.

Dalam kesempatan ini, Sembiring juga mengingatkan soal laporan puskesmas harus disampaikan tepat waktu. Selain itu, asset-aset yang masih dipegang oleh kepala yang lama agar diserahkan ke kepala yang baru.
“Kepala puskesmas lama sudah bagus tetapi saya rindu kepala puskesmas yang baru lebih bagus lagi. Hidupkan kembali Posyandu, dan meningkatkan kinerja pustu yang ada,” tandasnya.

Penulis : Clemens Mandacan
Editor : Razid Fatahuddin
Comments
Loading...
error: Content is protected !!