Portal Berita Papua Barat

Hujan Ringan Berpotensi Terjadi Di Manokwari

0 21

Manokwari, Papuabaratoke.com – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Stasiun Meteorologi Manokwari, memperkirakan kondisi cuaca secara umum wilayah Manokwari masih dibayangi hujan dengan intensitas ringan.

“Dua hari kedepan masih ada potensi hujan ringan, yang akan terjadi pada pagi hari. Hujan ini tidak berlangsung lama, hanya terjadi tiba-tiba,” ujar  Denny Puttiray, Kepala BMKG Stasiun Manokwari, Kamis (17 Agustus 2017).

Intensitas hujan cukup tinggi, lanjut dia, karena beberapa tekanan rendah di wilayah utara. Saat ini posisi matahari di kutub utara dan bergerak mendekati katulistiwa. Akibatnya, permukaan laut di katulistiwa mulai memanas, sehingga wilayah Papua Barat beberapa hari kedepan lebih banyak berawan karena penguapan.

“Suhu permukaan laut di wilayah perairan Papua Barat mulai naik. Ini berpengaruh pada suhu permukaan air laut dan terjadi penguapan cukup tinggi,” paparnya.
Penguapan di permukaan laut, menurutnya, membuat pertumbuhan awan akan lebih banyak dari biasanya, sehingga berpotensi timbulnya awan Sibi, yang bisa menimbulkan guntur kilat dan hujan tiba-tiba.
“Gelombang laut diperkirakan masih berada pada kisaran 0,5 hingga 1 Meter. Ini masih cukup aman bagi para nelayan kecil,” pungkasnya. (THX/PBOKe)

Comments
Loading...
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com