Portal Berita Papua Barat

IBI PB Antisipasi Dini Bahaya Kanker Serviks

0 11

Manokwari, Papuabaratoke.com – Penyakit Kanker Mulut Rahim atau Kanker Serviks  jarang disadari karena biasanya baru diketahui saat pemeriksaan. Bahkan sudah stadium 2 dan 3 sehingga bisa merenggut nyawa.

“Deteksi secara dini, bisa saja ibu-ibu terkena Kanker Serviks. Jika penanganan terlambat, bisa berakibat fatal bagi ibu-ibu. Karena kesehatan reproduksi ini penting,”  ujar Ketua Ikatan Bidan Indonesia Papua Barat, Yosina Orboy Lalenoh, Rabu (5 Juli 2017).

Hal ini disampaikan pada acara peringatan HUT  Ke- 66 Ikatan Bidan Indonesia (IBI), dirangkaikan dengan pemeriksaan atau deteksi dini penyakit kanker mulut rahim, yang juga disebut kanker Serviks. Di RS dr Azhar Zahir TNI AL Manokwari.

Yosina Orboy Lalenoh, Ketua Ikatan Bidan Indonesia Provinsi Papua Barat

Menurut Ketua IBI Provinsi PB, kegiatan yang sama juga digelar di beberapa Puskesmas dan Rumah sakit yang ada di Manokwari. diantaranya Puskesmas Amban, Puskesmas Pasir Putih, RSDU Manokwari, Puskesmas Maripi Puskesmas Prafi, Puskesmas Warmare, Mobja dan Puskesmas Masni.

Yosina juga menyampaikan kegiatan ini bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Manokwari, Badan Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan KB Provinsi  Papua Barat serta BPJS Kesehatan.

Pesan Yosina, Bidan sebagai mitra perempuan sehingga wajib melaksanakan pelayanan kesehatan reproduksi bagi kaum perempuan atau ibu-ibu.

‘Harapan kami, ibu-ibu dapat memeriksa kesehatan di Puskesmas secara khusus, guna mendeteksi ada tidaknya kanker mulut rahim,” tuturnya.

HUT Bidan di Indonesia memang diperingati setiap tanggal 24 Juni, sementara hari bidan sedunia jatuh setiap tanggal 5 Juli. Pemeriksaan secara serentak seluruh Indonesia ini diharapkan dapat memecahkan rekor MURI tandas Yosina. (VWM/PBOKe)

Comments
Loading...
error: Content is protected !!