Portal Berita Papua Barat

Ispa dan Malaria Peringkat Pertama di Pulau Mansinam

0 45
Pulau Mansinam, Ispa dan Malaria
Kepala Puskesmas Pulau Mansinam, Frans Asaribab. (Foto: Clemens Mandacan/PBOKe)

Manokwari, Papuabaratoke.com – Insfeksi Saluran Pernafasan Akut (Ispa) dan Malaria tersiana menduduki rangking teratas di Puskesmas Pulau Mansinam, Kabupaten Manokwari.

Hal ini diungkapkan oleh Kepala Puskesmas Pulau Mansinam, Frans Asaribab, Jumat (12/1/2018). Dijelaskan, sesuai hasil penelitian, semua jenis nyamuk yang menularkan Malaria ada di Pulau Mansinam. Seperti jenis nyamuk Anopeles.

“Untuk obat Malaria kami mengalami kendala, obat anti Malaria sesuai program jadi sesuai laporan yang kita masukan. Saat ini stok obat Malaria habis, kami telah laporkan dalam waktu dekat sudah ada pengadaan obat,” tuturnya.

“Kendala kami juga tidak ada laboraturium sederhana, tidak ada dokter, tidak ada tenaga analist, tenaga gizi, tenaga sanitarian dan tidak ada tenaga kesehatan lingkungan (Kesling). Bahkan tidak ada air bersih,” tambahnya.

Ia pun mengeluhkan kondisi demikian, menurutnya, hal ini perlu disikapi serius oleh Pemda Manokwari. Dan jika terus dibiarkan, dikhawatirkan akan menimbulkan berbagai macam persoalan, khususnya di bidang kesehatan.

“Pelayanan kesehatan di Pulau Mansinam ini kami merasa tidak adil karena petugas tidak lengkap, sarana prasarana penunjang tidak ada. Seharusnya bangun Puskesmas harus perhatikan hal-hal tersebut. Sudah tiga tahun tidak ada dokter, dulu ada tapi dipinjamkan ke Puskesmas pasir putih hingga kini tidak di kembalikan. Masyarakat (pasien) perlu dokter, karena tidak ada dokter terpaksa kami kadang mengambil alih tugas dokter,” ucapnya.

Penulis : Clemens Mandacan
Editor : Kris Tanjung
Comments
Loading...
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com