Portal Berita Papua Barat

“Jumat Bersih” UKM Unipa Akan Gelar Timbang Sampah Plastik

0 79
UKM Unipa Akan Gelar Timbang Sampah
UKM Unipa Akan Gelar Timbang Sampah – Yohanes Ada’Lebang Pembina UKM Pramuka Unipa, yang ditemui Papuabaratoke.com,Kamis (1/3/2018).(Foto: Clemens Mandacan/PBOKe)
Manokwari, Papuabaratoke.com – UKM Unipa Akan Gelar Timbang Sampah.  Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Pramuka Unipa akan menggelar kegiatan penimbangan Limbah Plastik hari jumat 2 Maret 2018 mendatang.

“Kegiatan ini dilakukan dalam rangka peringatan hari peduli sampah yang diperingati oleh pemerintah Kabupaten Manokwari, tanggal 02 Maret, yaitu pada aksi “Jumat Bersih,” ucap Yohanes Ada’Lebang Pembina UKM Pramuka Unipa Manokwari, Kamis (1/3/2018).

Lebang menambahkan kegiatan ini atas dukungan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Manokwari dan akan dilaksankan di halaman Dinas Persandian dan Kominfo Jalan Percetakan Sanggeng Manokwari.

Dan dengan tujuan, dalam upaya mendukungan UKM Pramuka terhadap komitmen pemerintah daerah untuk menanggulangi sampah khususnya melalui aksi pengurangan limbah plastik, tuturnya

“Limbah plastik yang dapat ditimbang adalah jenis kemasan botol, gelas, jerigen, oli, sampho, sabun cair dan limbah sejenisnya,” tuturnya.

Lebang juga berharap peran aktif partisipasi masyarakat untuk membawa limbah plastik ke tempat yang telah ditentukan” dengan satuan harga Rp 2 ribu per kilogram sampah.

Baca Juga:  Gudep Pramuka dan UKM Unipa Dukung Program Manokwari Nol Sampah

Ia mengemukakan, untuk setiap harinya UKM Pramuka yang beralamatkan di Kampus Unipa dan di Manggopi (Samping Gereje Bukit Doa Amban) telah melakukan pembayaran limbah plastik seharga Rp 1000 /Kg dan akan dibayarkan setelah jumlah penimbangan limbah plastik telah mencapai harga Rp 100 ribu atau limbah plastik seberat 100 Kg, serta melakukan pengunaan secara gratis wifi selama 12 jam bagi warga masyarakat yang membawa limbah plastik seberat 10 kg.

Menurut Lebang, saat ini minimnya pihak swasta dan rendahnya donatur maupun sponsor yang menyebabkan harga beli limbah plastik dari masyarakat yang masih rendah.

Saatbini berjalan hanya dengan kemampuan swadaya/kemandirian dari “Bank Sampah” UKM Pramuka yang melakukan kegiatan aksi mengurangi sampah di Kabupaten Manokwari.

Disebutkan, DLH Manokwari memberikan bantuan berupa dukungan satu unit armada angkutan sampah, khusus untuk mengangkut limbah plastik dari seluruh warga masyarakat Manokwari dan yang telah menjadi nasabah “Bank Sampah” UKM Pramuka Unipa, yang dinamai “Pemulung Keren” siap mengangkut dengan menyampaikan alamatnya pada no HP. 0811 487 2878.

“Semoga masyarakat Manokwari kedepan akan lebih banyak lagi menjadi Nasabah “Bank Sampah” UKM Pramuka Unipa, sebagai bukti cinta kita kepada lingkungan Hidup dan Manokwari sebagai rumah kita bersama, menuju nol sampah,” tutup Lebang.

Penulis : Clemens Mandacan
Editor : Kris Tanjung
Comments
Loading...
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
error: Content is protected !!