Portal Berita Papua Barat

KAAM Ajak Masyarakat ‘Sapu’ Perairan Teluk Sawaibu

6
KAAM Ajak Masyarakat ‘Sapu’ Perairan Teluk Sawaibu
KAAM Ajak Masyarakat ‘Sapu’ Perairan Teluk Sawaibu – Ketua KAAM Manokwari, Agus Rumbewas memegang handy talky ketika memonitor kegiatan ‘sapu’ perairan Teluk Sawaibu. (Photo: Istimewa)
Manokwari, Papuabaratoke.comKAAM Ajak Masyarakat ‘Sapu’ Perairan Teluk Sawaibu. Kepedulian tinggi ditunjukan kelompok masyarakat yang tergabung dalam Komunitas Anak Air Manokwari (KAAM). Dengan menggunakan sejumlah sampan dan dragon boat, KAAM melakukan aksi ‘sapu’ perairan Teluk Sawaibu, Sabtu (30/9/2017).

Ketua KAAM, Agus Rumbewas mengatakan, aksi yang dilakukan murni karena keprihatinan terhadap kondisi perairan Manokwari yang mengalami pencemaran yang kian parah akibat sampah. Ia mengatakan, kondisi ini membutuhkan solusi.

“Pencemaran laut kian memprihatinkan sedangkan kepedulian terhadap kebersihan laut minim sekali, makanya kita coba ciptakan satu kegiatan yang melibatkan anak-anak komunitas dan juga masyarakat umum dengan melihat potensi yang ada,” ujar Agus. Kata dia, kegiatan ‘sapu’ perairan Teluk Sawaibu sudah lama dilakukan tetapi masih dalam skala yang kecil. Dan, hanya melibatkan anggota komunitas, atlit dayung dan anak-anak pesisir pantai.

“Mulai Agustus dan September, kita sudah koordinasi dengan masyarakat umum. Kita coba ajak masyarakat untuk kenali laut terutama kawasan Teluk Sawaibu,” terangnya.
Kegiatan yang dilakukan ini merupakan agenda rutin KAAM. Dilaksanakan setiap pada akhir bulan. Agus menuturkan, frekuensi kegiatan bersih-bersih laut bisa ditingkatkan menjadi agenda mingguan bila mendapat respon positif masyarakat.

“Apakah tiap minggu atau dua minggu sekali. Dengan harapan, kegiatan ini bisa menimbulkan kesadaran dan rasa memiliki untuk tetap menjaga kebersihan laut sehingga tidak membuang sampah sembarang tempat,” ujar Agus lagi. Agus menyatakan, motivasi KAAM melakukan aksi bersih-bersih murni atas kepedulian. Sesuai motto yang menjadi spirit, yaitu “laut halaman rumah ku, ombak dan angin sahabat ku”. “Sehingga halaman rumah ini harus bersih. Kalau di darat setiap pagi dan sore dibersihkan maka ‘halaman’ di laut juga harus dibersihkan,” tandasnya.

Baca Juga:  Syukuran Natal Bersama Pemprov Papua Barat, Penuh Pesan Hikmat
KAAM Ajak Masyarakat ‘Sapu’ Perairan Teluk Sawaibu
KAAM Ajak Masyarakat ‘Sapu’ Perairan Teluk Sawaibu

Meski demikian, upaya bersih laut ini belum berjalan optimal. Pasalnya, selain menggunakan sarana seadanya. Akhir dari sampah yang terkumpul pun belum bisa dikelola dengan baik. Kini, KAAM menghadapi kendala untuk mengatasi sampah ragam bentuk itu.
“Ada yang kita kubur, bakar, dan tumpuk begitu saja. Bahkan, sampah yang terkumpul sejak 5-6 tahun lalu masih ditumpuk,” ucapnya.

Ia sadar, dengan pola pengelolaan sampah yang masih serba manual, apalagi dengan cara membakar sudah pasti menimbulkan efek yang merugikan. Tetapi keterbatasan fasilitas pendukung sehingga itu menjadi ‘jalan pintas’ mengatasi sampah yang berhasil dipungut dari laut.

KAAM Ajak Masyarakat ‘Sapu’ Perairan Teluk Sawaibu
KAAM Ajak Masyarakat ‘Sapu’ Perairan Teluk Sawaibu

“Upaya kita masih manual, sosialisasi ke masyarakat dan pemerintah tentang sampah laut terutama bagi warga di spot-spot yang potensial menghasilkan sampah seperti di Pasar Wosi, Pasar Sanggeng, Arkuki, Wirsi, Borobudur dan para nelayan terus digalakan,” bebernya.

Ditambahkan, koordinasi dan komunikasi telah dan sedang dijajaki dengan pemerintah daerah melalui Badan Lingkungan Hidup dan Dinas Kelautan dan Perikakan baik di level provinsi maupun kabupaten serta dengan beberapa pegiat lingkungan di daerah ini.

Dengan harapan ada titik temu untuk mencari solusi aplikatif dalam mengelola sampah laut. “Harapannya bisa kerjasama atasi pencemaran laut. Misalnya, selokan-selokan yang mengarah ke luat dibuatkan pintu air sehingga sampah tidak langsung ke laut. Kalau di darat ada pasukan kuning maka di laut juga harus ada sehingga bisa meminimalisir pembuangan sampah ke laut,” pungkasnya. (ARF/PBOke)

Comments
error: Content is protected !!