Portal Berita Papua Barat

Kalapas Ajak Masyarakat Miliki Jantung Lisa

0 48
Jantung Lisa, Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Kelas II B Manokwari, Yosep Yembise, program Pemerintah Daerah (Pemda) Manokwari, Program Manokwari Nol Sampah
Jenis Tong Sampah dari bahan bekas Drum Aspal yang akan dibagikan ke Masyarakat. (Foto: Adrian Kairupan/PBOKe)

Manokwari, Papuabaratoke.com – Jantung Lisa.  Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Kelas II B Manokwari, Yosep Yembise mengajak masyarakat memiliki “Jantung Lisa”.

Jantung Lisa adalah program Pemerintah Daerah (Pemda) Manokwari, menuju nol sampah. Dimana program pencanangan menuju manokwari nol sampah ini dinamai “Jantung Lisa” yang berarti Jangan Tunggu, Liat Sampah Angkat.

“Saya sangat mendukung program (Pemda Manokwari, red) menuju kota nol sampah. Karena kebersihan merupakan sebagian dari iman. Jika kota kotor maka iman para pemimpin dan masyarakatnya patut dipertanyakan,” ujarnya.

Terkait hal itu, terang Yembise, pihaknya akan membagikan tong sampah kepada masyarakat Manokwari, yang bahannya didaur ulang dari bekas drum aspal.

“Mendukung istilah “Jantung Lisa”, kami akan bagikan sekitar 30 buah tong sampah daur ulang di tempat posisi yang menurut kami adalah wajah dan jantung kota manokwari,” ucapnya.

Jantung Lisa, Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Kelas II B Manokwari, Yosep Yembise, program Pemerintah Daerah (Pemda) Manokwari, Program Manokwari Nol Sampah
Proses daur ulang Tong Sampah dari bahan bekas Drum Aspal yang akan dibagikan ke Masyarakat, oleh Warga Binaan Lapas Kelas II B Manokwari. (Foto: Adrian Kairupan/PBOKe)

Ia menuturkan, hal ini dimaksudkan untuk mempermudah Pemda Manokwari melalui OPD terkait Dinas Lingkungan Hidup setempat, ketika para pekerja yang bertugas mengangkut sampah ke TPA (Tempat Pembuangan Akhir).

“Warga masyarakat yang akan mendapatkan Tong Sampah adalah khusus kelompok penjual pinang dipinggiran jalan khususnya di depan kompleks pintu gerbang Pelabuhan Manokwari, Pertokoan, Pasar, rumah penduduk, dan lainnya. Walau tong sampah ini dibuat sangat sederhana namun kami harap dapat dipelihara dan digunakan sebaiknya demi Manokwari Kota Injil yang bersih,” tandasnya.

Penulis : Adrian Kairupan
Editor : Kris Tanjung
Comments
Loading...
error: Content is protected !!