Portal Berita Papua Barat

Kapolres Manokwari Ingatkan Kepala Kampung Gunakan ADD Sesuai Peruntukan.

0 59
Kapolres Manokwari Ingatkan Kepala Kampung
Kapolres Manokwari Ingatkan Kepala Kampung – Kapolres Manokwari AKBP Adam Erwindi, S.IK.(Foto: Adrian Kairupan/PBOKe)
Manokwari, Papuabaratoke.com – Kapolres Manokwari Ingatkan Kepala Kampung.  Kapolres Manokwari AKBP Adam Erwindi, S.IK mengingatkan, para kepala kampung dalam wilayah Manokwari agar menggunakan alokasi dana desa (ADD) dengan cermat dan sesuai peruntukannya.

“Kami (Polres Manokwari, red) tentu ikut megawasi dan mengingatkan kepada seluruh kepala kampung yang menerima, agar ADD digunakan sesuai yang ditentukan,” ujar Erwindi kepada Papuabaratoke.com, diruang kerjanya, Jumat (2/1/2018).

Dikatakan, Polres Manokwari dalam pengawasannya, mengawali dengan tahapan dan sosialisasi pemahaman hukum dan penggunaan dana desa kepada seluruh aparatur kampung dan masyarakat di setiap desa.

Menurut Kapolres, Dana yang dialokasikan langsung ke rekening desa oleh pemerintah ini, harus digunakan secara baik bagi kesejahteraan hidup masyarakat. Adapun pada tahun 2018 ini, Polres Manokwari telah menerima beberapa masukan dan laporan masyarakat terkait laporan adanya beberapa kampung ditingkat wilayah pemerintahan Distrik yang belum menyelesaikan laporan penggunaan ADD di tahun 2017.

“Peringatan edukasi ini, mengingat benar, ada beberapa laporan masyarakat terhadap ada dugaan-dugaan yang mengarah terhadap penyimpangan ADD. Karena menurut mereka dari batas waktu yang diberikan, masih ditemui ada beberapa kampung yang belum tuntas membuat laporan pertanggung jawaban dana desanya. Kita kroscek lagi, karena masih sebatas laporan dan masukam masyarakat, makanya saya peringatkan dulu,” tegas Mantan Kapolres Kaimana ini.

Lebih jauh dijelaskan, dimana Polri, dalam hal mengawal penggunaan Dana Desa, sudah ada kebijakan dari pimpinan mengedepankan Kamthibmas untuk menjadi corong sosialisasi Polri ditingkat Kampung atau Desa, mengedukasi masyarakat akan pentingnya mendukung kemaksimalan penyerapan ADD.

” Tugas Bhabinkamtibmas ditugaskan untuk mendampingi setiap kepala kampung binaannya untung mendukung penyerapan dana desa. tujuannya agar kepala kampung jangan sampai masuk keranah pidana atau salah prosedural, hingga terjerat Korupsi,” jelasnya.

Baca Juga:  Cegah Permainan Harga, Satgas Pangan Sisir Pasar

Erwindi menegaskan, terkait hal ini, dirinya akan lebih mengontrol dan menegaskan bawahannya untuk lebih tegas mengawasi penggunaan dana desa.

“Saya akan tekankan bhabinkamtibmas saya, untuk lebih aktif mengingatkan kepala Desa atau Kampung untuk, sama-sama menjaga agar ADD itu benar-benar dapat dipergunakan untuk membangun bersama masyarakat dan mewujudkan kesejahteraan masyarakatnya,” tegasnya

“Saya akan berikan teguran kepada anggota Bhabinkamtibmas, Jika ternyata ada yang terbukti oknum kepala Kampung binaannya terindikasi salah menggunakan Dana Desa, hingga diperiksa pihak Unit Tipikor Sat Reskrim, maka saya simpulkan, anggota Bhabinkamtibmas tersebut tidak bekerja sesuai Prosedural. sehingga akan menjadi penilaian saya terhadap oknum anggota bhabinkamtibmas tersebut dikemudian hari,” tandasnya.

Penulis : Adrian Kairupan
Editor : Kris Tanjung
Comments
Loading...
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
error: Content is protected !!