Portal Berita Papua Barat

Kelimpahan SDA di Papua Barat Tak Sebanding dengan Ketersediaan SDM

0 132
Tak Sebanding dengan Ketersediaan SDM
Tak Sebanding dengan Ketersediaan SDM – Anggota Komisi E DPR Papua Barat Bram Goram Gaman. (Foto: Razid Fatahuddin/PBOKe)
Manokwari, Papuabaratoke.com – Tak Sebanding dengan Ketersediaan SDM.  Potensi Sumber Daya Alam (SDA) berupa mineral dan migas di Tanah Papua khususnya di Provinsi Papua Barat, tidak didukung dengan ketersediaan potensi SDM yang mumpuni.

Anggota Komisi E DPR Papua Barat Bram Goram Gaman mengatakan ketimpangan antara potensi SDA dan SDM ini, harus cepat disikapi oleh pemerintah provinsi Papua Barat. Memaksimalkan serta mengoptimalkan peran lembaga pendidikan non informal mendesak.

“Pemerintah harus serius menyiapkan SDM, tidak saja secara formal di bangku pendidikan tetapi bisa membuka balai pelatihan untuk peningkatan ketrampilan di sektor industri pertambangan mineral maupun migas,” kata Bram, Senin (13/3/2018).

Penyiapan SDM ini, juga harus menjadi perhatian setiap perusahaan yang menjalankan investasinya di wilayah provinsi Papua Barat. Tidak saja pemerintah daerah. Sebab, eksploitasi SDA ini telah berlangsung dalam waktu yang cukup lama.

Dengan demikian, lanjut Bram, ketika kran investasi terbuka dan masuk di daerah ini, akan mebemberikan manfaat yang maksimal bagi masyarakat Papua Barat. Tidak menuai konflik seperti yang terjadi selama ini.

“Investasi yang besar membutuhkan tenaga kerja dengan skil yang baik, kita tidak bisa ngotot. Pemerintah daerah harus dukung lembaga-lembaga pendidikan yang bersentuhan langsung dengan pertambangan, sehingga mampu melahirkan SDM yang mumpuni,” ungkap Bram menambahkan.

Penulis : Razid Fatahuddin
Comments
Loading...
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com