Portal Berita Papua Barat

Kemenhub Ungkap Tiga Alasan Bandara Wasior Tak Bisa Dikembangkan Lagi

0 252
Bandara Wasior Tak Bisa Dikembangkan Lagi
Bandara Wasior Tak Bisa Dikembangkan Lagi – Pesawat Mendarat di Bandara Wasior. Kemenhub Nyatakan Bandara ini Tidak Layak lagi untuk Dikembangkan
Wasior, Papuabaratoke.com – Bandara Wasior Tak Bisa Dikembangkan Lagi.   Hasil kajian Kementerian Perhubungan (Kemenhub) terhadap bandar udara Wasior, Kabupaten Teluk Wondama yang ada saat ini (eksisting) adalah tidak bisa dikembangkan lagi.

Ada Tiga faktor yang mendasari hal itu. Pertama, letak bandara di tengah pemukiman, bandara berada di kawasan yang rawan bencana banjir. Dan jika dipaksakan untuk dikembangkan, maka dibutuhkan anggaran yang sangat besar.

“Hal tersebut disampaikan pada saat seminar rencana induk Bandara Wasior di Jakarta baru-baru ini. Berdasarkan hasil kajian, setidaknya ada tiga alasan utama yang menjadi pertimbangan,” kata Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Teluk Wondama Bernadus Setiawan, Jumat (2/3/2018).

Menurut Bernadus kondisi bandara yang ini, memperkuat proses untuk mempercepat bandara baru. “Kemenhub sudah punya komitmen untuk mempercepat pembangunan bandara baru. Tinggal pemda dengan semua stakeholder terkait bekerja cepat,“ ujar dia.

Keberadaan Bandara Wasior – juga dikenal dengam nama Bandara Wargono. Ini, Wakil Bupati Paulus Indurbri pernah mengusulkan alihfungsi bandara menjadi sekolah penerbangan.
Adapun rencana terkait pembangunan bandara baru – direncanakan berlokasi di Mawoy, Kampung Rado Distrik Wasior. Prosesnya agak terlambat.

Pasalnya, waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan hal teknis, administrasi, dan aspek lainnya, ikut berpengaruh. Sebab lokasi bandara baru ini berada di kawasan lindung – hutan produksi terbatas (HPt)
“Pemkab harus mengajukan permohonan pinjam pakai kawasan ke Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan yang juga diikuti dengan merevisi RTRW Kabupaten Teluk Wondama,” jelas wakil bupati.

Penulis : Vio
Editor : Razid Fatahuddin
Comments
Loading...
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com