Portal Berita Papua Barat

Kenalkan Aplikasi SIPPP, KPU PB Sebut Sistem Ini Penentu Bacalon DPD RI

0 104
Aplikasi SIPPP
Aplikasi SIPPP – Ketua KPU Papua Barat, Amus Atkana saat membuka sosialisasi SIPPP Bacalon DPD RI, didampingi Komisioner KPU, Yotam Senin, Halim Ashidiq, Pascalis Semunya, Christnie Rumkabu dan sekertaris, Ir Tamrin Payapoh, di Aula KPU Provinsi Papua Barat, Jalan Brigjend Marinir Abraham Octavianus Atururi, Arfai 2 Manokwari, Rabu (4/4/2018).(Foto: Kris Tanjung/PBOKe)
Manokwari, Papuabaratoke.com – Aplikasi SIPPP.  Komisi Pemilihan Umum Papua Barat (KPU PB) menyebutkan aplikasi sistem informasi perseorangan peserta pemilu (SIPPP) adalah penentu bagi bakal calon anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) daerah pemilihan Papua Barat untuk dapat mengikuti pemilihan.

Pernyataan ini disampaikan oleh Ketua KPU Papua Barat, Amus Atkana, didampingi Komisioner KPU, Yotam Senin, Halim Ashidiq, Pascalis Semunya, Christnie Rumkabu dan sekertaris, Ir Thambrin Payapoh dalam sosialisasi penyerahan syarat dukungan dan penggunaan program aplikasi SIPPP Bacalon DPD RI daerah pemilihan Papua Barat, di Aula KPU Provinsi Papua Barat, Jalan Brigjend Marinir Abraham Octavianus Atururi, Arfai 2 Manokwari, Rabu (4/4/2018).

Dalam kegiatan yang dikuti baik oleh stakeholder tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh agama maupun Bacalon DPD RI dan Bawaslu Provinsi Papua Barat, Amus mengatakan, bahwa terhitung saat ini, kurang dari satu tahun lagi, proses Pemilu 2019 akan segera dilaksanakan.

Untuk itu, Bacalon DPD RI wajib mencermati bahwa saat ini dalam pemilu semua menggunakan sistem aplikasi online yang terintegrasi. Dan tak hanya itu, setiap Bacalon wajib memiliki tenaga IT atau yang disebut LO yang bertugas mengisi semua persyaratan yang menggunakan SIPPP tersebut.

“Jadi Bacalon wajub memilki satu orang tenaga IT yang betul-betul memahami IT atau disebut LO. Karena dia yang akan mengisi dan melengkapi semua persyaratan yang diminta,” ucap Amus.

“Dan pada prinsipnya, semua akan terlaksana trasnparan sehingga kualitas dan tujuan pemilu bisa terwujud,” sambung dia.

Sosialisasi penyerahan syarat dukungan dan penggunaan program aplikasi SIPPP Bacalon DPD RI daerah pemilihan Papua Barat, di Aula KPU Provinsi Papua Barat, Jalan Brigjend Marinir Abraham Octavianus Atururi, Arfai 2 Manokwari, Rabu (4/4/2018).(Foto: Kris Tanjung/PBOKe)
Baca Juga:  KPU RI : Parpol Berhak Sosialisasi di Medsos, Asal Tidak Memfitnah

Dasar pelaksanaan sosialisasi ini lanjutnya, diantaranya, Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang penyelenggaraan Pemilu. Dan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 05 Tahun 2008 tentang Tata Kerja KPU. Yakni KPU kabupaten/ Provinsi. Selain itu, PKPU Nomor 01 Tahun 2010.

“PKPU Nomor 06 Tahun 2008 tentang susunan organisasi dan tata kerja sekretariat jenderal Ke Pemilihan Umum, Sekretariat KPU Provinsi, Sekretariat KPU kabupaten/kota sebagain telah diubah dengan PKPU Umum Nomor Tahun 2008,” terang Amus.

Dia mengatakan, tujuan dari kegiatan ini, agar masyarakat dapat mengetahui lebih awal tentang informasi tahaapan program dan jadwal pelaksaanaan pencalonan anggota DPD RI.

“Jika ada diantara kita atau masyarakat yang ingin mencalonkan diri sebagai anggota DPD RI harus mengetahui penggunaan aplikasi SIPPP.

Penulis : Kris Tanjung
Comments
Loading...
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
error: Content is protected !!