Portal Berita Papua Barat

Kepala BPOM di Manokwari Imbau Pelaku AMIU Waspadai Praktik Pungli

0 25
Waspadai Praktik Pungli
Waspadai Praktik Pungli – Kepala Balai Pengawas Obat dan Makanan di Manokwari Mojaza Sirait. (Foto: Razid Fatahuddin/PBOKe)
Manokwari, Papuabaratoke.com – Waspadai Praktik Pungli.  Kepala Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) di Manokwari, Mojaza Sirait menyatakan, upaya pengawasan dan penertiban depo air minum isi ulang (AMIU) bisa dimanfaatkan oleh oknum-oknum tertentu, untuk mencari keuntungan pribadi, yakni melakukan pungutan liar alias pungli.

“Banyak pertanyaan, ini menjadi kekhawatiran pelaku usaha (AMIU). Memang ada. Tapi, saya pastikan Balai POM tidak seperti itu. Jika ada mohon dilaporkan ke tim saber pungli. Kita sangat tidak menginginkan pelaku usaha dimanfaatkan dalam kondisi seperti ini,” ujar Mojaza, Kamis (15/3/2018).

Baca Juga:  Produksi Air Minum Isi Ulang Harus Sesuai Aturan

Celah untuk melakukan pungli oleh oknum tak bertanggung jawab sangat dimungkinkan. Kata Mojaza, isu pungli ini sudah didengar dari para pelaku usaha depo AMIU. Dan cukup meresahkan.

“Kita memang mendengar isu-isu seperti itu tetapi harus ada pembuktian. Tidak bisa hanya isu-isu saja,” ujarnya.

Terpisah, Asisten Bidang Pemerintahan Setda Kabupaten Manokwari Wanto mengungkapkan, tim saber pungli kabupaten Manokwari telah mengungkap dua kasus pungli yang dilakukan oleh ASN di jajaran Pemda.

“Pelaku pungli di Manokwari dua kali kita tangkap. Pertama pegawai perindagkop dengan barang bukti berupa uang Rp400 ribu. Sudah diputus dan mendapat hukuman penjara 2 bulan. Kedua, 3 pegawai dinas perindagkop, ini masih sementara diproses,” ucap Wanto.

Menurut Wanto kondisi usaha AMIU di daerah ini bisa menjadi sasaran empuk dan membuka peluang bagi aparat pemerintah untuk bisa melakukan pungli.

“Bapak dan ibu jangan pernah layani permintaan diluar ketentuan. Saya yakin, jika kondisi usaha air minum sepertini ini, alasan ijin bisa jadi peluang. Sekarang tidak ada alasan lagi soal ijin lama dan mahal. Yang ada itu pungli,” tandas Wanto.

Penulis : Razid Fatahuddin
Comments
Loading...
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
error: Content is protected !!