Portal Berita Papua Barat

Kesadaran Masyarakat Bayar Zakat Masih Rendah

0 38
Wakil Ketua Bidang Pengumpulan dan Penyaluran Baznas Papua Barat, Sali Pelu

Manokwari, Papuabaratoke.com – Zakat Fitrah wajib bagi seluruh jiwa umat muslim, dari bayi yang baru lahir hingga dewasa. Zakat Mal hanya diwajibkan bagi warga muslim yang sudah memenuhi syarat Nisob dan Haul.

Hal ini diungkap Wakil Ketua Bidang Pengumpulan dan Penyaluran Baznas Papua Barat, Sali Pelu, Kamis (10 Agustus 2017).  Diakui, zakat di Papua Barat sebenarnya memiliki potensi, namun kesadaran masyarakat membayar zakat maupun pengetahuan tentang zakat masih rendah.

Hal ini, terlihat dari minimnya zakat yang dihimpun Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) provinsi Papua Barat. Kurangnya sosialissi ditenggarai menjadi salah satu penyebab. Selain itu, masyarakat cenderung berat dalam membayar zakat, dibanding untuk membayar kebutuhan pribadi.

“Kita harus bangun kepercayaan terhadap lembaga ini kepada masyarakat, dengan melaporkan laporan keuangan secara transparan dan secara berkala. Ini yang sedang kita bangun,” ucapnya.

Sali menyebut potensi zakat di Papua Barat jauh lebih besar dibanding target yang diberikan Baznas pusat. Dimana, potensi zakat umat muslim di daerah bisa mencapai lebih dari Rp 3,5 Miliar.

Ia mengajak umat muslim terutama yang sudah mencapai Nisob, bergegas menghitung dan membayarkan zakat yang merupakan amal wajib dan memberi manfaat cukup besar, baik kepada penerima maupun pemberi.“Zakat tidak akan membuat harta kita berkurang, justru akan membuat rejeki kita lancar,” paparnya. (THX/PBOKe)

Comments
Loading...
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com