Portal Berita Papua Barat

Ketua Fraksi Otsus DPR PB: Kami Dukung Upaya Hukum terhadap Hasil Seleksi MRPB 2017-2022

0 70
Hasil Seleksi MRPB 2017-2022
Hasil Seleksi MRPB 2017-2022 – Ketua Fraksi Otsus DPR Papua Barat Yan Anthon Yoteni. (Foto: Hanas Warpur/PBOKe)
Manokwari, Papuabaratoke.com – Hasil Seleksi MRPB 2017-2022.  Upaya perlawanan hukum beberapa calon anggota Majelis Rakyat Papua Provinsi Papua Barat (MRPB) mendapat dukungan fraksi Otsus DPR Papua Barat (DPR PB).

Ketua Fraksi Otsus Yan Anton Yoteni mengatakan keberadaan anggota DPR PB dari jalur pengangkatan sama seperti keanggotaan MRPB. Sama-sama diangkat atau dipilih berdasarkan basis kultur.

“Demikian juga keterwajilan MRPB harus mengacu pada wilayah adat. Di Papua Barat ada dua wilayah adat (domberai dan bomberai), kecuali, perwakilan agama bisa dari semua wilayah adat dengan memperhatikan keterwakilan dari wilayah adat di Papua Barat,” kata Yoteni, Kamis (15/3/2018).

Keanggotaan fraksi otus diatur di dalam pasal 6 ayat 2 Undang Undang Otsus. Yang diangkat berdasarkan basis kultur.

“Ketika ada soal, fraksi otsus sudah minta ke gubernur meninjau lagi keputusan yang dikeluarkan,” ujar dia.

Dikatakan, seleksi anggota MRPB (2017-2022) tidak menunjukan keberpihakan dan penghormatan terhadap masyarakat adat di Papua Barat. Wajar jika dipersoalkan secara hukum.

“Keputusan gubernur soal renungan semalam yang mendasari keputusan penetapan anggota MRPB, apakah masuk dalam indikator seleksi? Kita ingin ini dibuktikan di pengadilan. Kami bersama masyarakat tetap pada aturan, tidak ada tawar menawar,” tandasnya.

Untuk itu, Yoteni memintta semua pihak yang bersengkata di hadapan hukum tetap menghormati proses yang sedang berjalan.

“Apapun putusan pengadilan, semua pihak harus menghormatinya. Fraksi otsus dalam posisi menghormati, apapun keputusan yang diputuskan oleh PTUN,”ujarnya lagi.

Ditambahkan dukungan terhadap masyarakat ini adalah dalam rangka memperjuangkan kebenaran.

“Apa yang back up ini tentang hakiki dari kebenaran. Tidak bisa karena kita pengang kekuasaan lalu abaikan aturan,” pungkasnya.

Penulis : Razid Fatahuddin
Comments
Loading...
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
error: Content is protected !!