Portal Berita Papua Barat

Ketua GMNI : Penduduk Manokwari Meningkat, Lapangan Kerja Tak Sebanding

0 27

Papuabaratoke.com – Saat ini Pemerintah Provinsi Papua Barat sedang berupaya untuk mengakomodir ribuan tenaga honorer lingkup Pemprov. Nah, bagaimana dengan pengangguran usia produktif yang belum mendapat pekerjaan layak ?.

Sejak Manokwari didaulat menjadi Ibu Kota Provinsi, jumlah penduduk meningkat pesat. Sayangnya peningkatan ini tak sebanding dengan lapangan pekerjaan yang ada.

Ketua Dewan Pimpinan Cabang Gerakan Mahasiswa Nasionalis Indonesia (GMNI) Manokwari, Yosak Saroy, khawatir angka pengangguran tinggi di Papua Barat, menjadi bumerang pemicu konflik.

“Ini pekerjaan yang tak mudah bagi Pemerintah Provinsi saat ini. Banyak SDM dengan kualitas bagus, terutama OAP, tapi lapangan pekerjaan masih minim,” ujar Yosak di Sekretariat GMNI Manokwari Sabtu (23 Juni 2017).

Upaya Perguruan Tinggi baik negeri maupun swasta untuk mencetak SDM, menurut dia harus diimbangi dengan lapangan kerja yang baik.

“Pihak kampus juga harus bekerjasama dengan Pemerintah Daerah untuk menciptakan lapangan kerja,” terangnya.

Disisi lain, dirinya memberi apresiasi langkah dan upaya Gubernur dan Wakil Gubernur Papua barat, Drs Dominggus Mandacan dan Mohamad Lakotani, soal pengangkatan honorer Pemprov.

“Kerja keras dibutuhkan untuk bangun Papua Barat Kedepan. Semua pihak harus mendukung kebijakan pembangunan,” tutur Yosak sembari mengungkap banyak lapangan pekerjaan tercipta, jumlah pengangguran menurun. (ILO/PBOKe)

Comments
Loading...
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com