Portal Berita Papua Barat

Kisruh Pemilik Hak Ulayat dan PT. Pertamina, Frengky Awom: DPRD Siap Bentuk Pansus

0 124
Data Jiwa KPUD dan BPS Berbeda
Frengky Awom: DPRD Siap Bentuk Pansus
Manokwari, Papuabaratoke.com -Tokoh pemuda Arfak Daud Indou dalam keterangan pers mengatakan, DPRD Manokwari dan Pemda harus menyikapi sengketa tanah di Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) PT. Pertamina di Manokwari. 

Bahkan Daud Indou meminta kepada DPRD Manokwari maupun DPR PB untuk menyikapi hal ini dengan membentuk panitia khusus (Pansus). Dimana masalah sengketa tanah TBBM yang kini dimenangkan oleh penggugat (Masyarakat pemilik hak ulayat) di pengadilan tata usaha negara (PTUN) Jayapura dan amar putusan kasasi oleh Mahkamah Agung (MA).

Menyikapi hal tersebut, Wakil Ketua DPRD Manokwari, Frangky Awom menyatakan, pihaknya akan membentuk pansus untuk penyelesaian apa yang menjadi hak ulayat di TBBM Pertamina Manokwari.

Oleh karena itu, kata Awom pihaknya menunggu kepastian hukum atas sengketa tanah tersebut dan harus melakukan pertemuan dengan pihak tergugat (PT. Pertamina) Manokwari.

Meski DPRD akan membentuk pansus namun masih menunggu informasi dari bupati atas merespon masalah tersebut, sebab DPRD akan mengambil langkah ketika persoalan ini disikapi oleh pemda Manokwari.

Menurut Awom, tak dipungkiri bahwa kehadiran PT. Pertamina di daerah Manokwari sangat dibutuhkan, sebaliknya hak ulayat juga menjadi bagian dari hak masyarakat pemilik hak ulayat yang harus dibayarkan berdasarkan hasil keputusan hukum.

“Kalau sampe masalah ini dibiarkan memang berdampak bagi pemerintah dan masyarakat Manokwari, maka perlu disikapi dengan baik dan segera diambil langkah antara pemerintah dan DPRD,” katanya kepada PBOke, Minggu (4/3/2018).

Penulis : Hanas Warpur
Editor : Kris Tanjung
Comments
Loading...
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
error: Content is protected !!