Portal Berita Papua Barat

KPU Papua Barat, Komitmen Wujudkan Penyelenggara Berintegritas Menuju Pemilu Sukses 2019

0 52
Menuju Pemilu Sukses 2019
Menuju Pemilu Sukses 2019 – Ketua KPU PB, Amus Atkana SPT., MM (Ke empat dari kiri) didampingi empat komisioner, Yotam Senis S.Sos (Kanan) Pascalis Semunya S.Sos (Ke dua dari kanan) Abdul Halim Shidiq, S.Sos (Ke dua dari kiri) dan Christine Rumkabu SP., M.Si (Ke tiga dari kiri) serta Ketua Bawaslu PB Merlenny Momot (Ke tiga dari kanan) membuka secara resmi diskusi forum kerjasama bersama LSM dan Ormas dalam rangka pendidikan pemilih, di Abrezo Cafe, Senin (16/4/2018) malam waktu setempat. (Foto: Kris Tanjung/PBOKe)
Manokwari, Papuabaratoke.com – Menuju Pemilu Sukses 2019.  Komisi Pemilihan Umum Provinsi Papua Barat (KPU PB) kembali menyatakan komitmen mewujudkan penyelenggara yang berintegritas menuju pemilu sukses 2019.

Hal ini dibuktikan KPU PB dengan menggelar diskusi forum kerjasama bersama LSM dan Ormas dalam rangka pendidikan pemilih, di Abrezo Cafe, Senin (16/4/2018) malam waktu setempat.

Ketua KPU PB, Amus Atkana SPT., MM, didampingi empat komisioner, Yotam Senis S.Sos, Pascalis Semunya S.Sos, Abdul Halim Shidiq, S.Sos dan Christine Rumkabu SP., M.Si serta Ketua Bawaslu PB Merlenny Momot membuka secara resmi forum diskusi tersebut.

Ketua KPU PB, Amus Atkana yang mengawali diskusi ini menuturkan, bahwa pada prinsipnya penyelenggaraan pemilu adalah proses demokrasi yang membutuhkan partisipasi masyarakat.

“Untuk itu informasi pemilu sangat penting, karena sukses pemilu bukan sukses penyelenggara semata, tapi sukses kita semua,” ucap Amus.

Dikemukakannya, bahwa dalam proses penyelenggaraan demokrasi ini, semua pihak terlibat, baik penyelenggara, pemerintah, pihak keamanan dan masyarakat maupun peserta suara.

“Berbicara masalah pemilu dari masa ke masa dan dinamikanya, terus bergerak hingga nantinya akan ada proses pemilu yang bersamaan. Jadi tidak ada lagi pemilu daerah tapi penyelenggaraannya secara global atau serentak,” terang Amus.

Selanjutnya, amus menyebutkan, bahwa ada empat hal pokok yang akan menentukan kualitas pemilu. Diantaranya, didukung oleh sisitem pemilu, integritas dari penyelenggara yang mengedepankan kejujuran, transparan, melayani peserta pemilu adil dan merata secara profesional dan proposional.

Kemudian, kecerdasan dan partisipasi pemilu dan tatanan regulasi kepatenan dari penyelenggara dalam hal KPU RI.

“Hal yang perlu ditekankan adalah, mengutamakan integritas penyelenggara dalam hal ini, misalkan dalam konteks KPU. Mulai dari KPU RI, Provinsi, Kabupaten, PPD, PPS hingga PPDP, yang mungkin pernah merugikan salah satu caleg, makanya kami sangat komitmen dengan ketatnya aturan sekarang tidak boleh terjadi lagi,” ucapnya.

Baca Juga:  UU Otsus Buka Celah Hukum Lahirnya Perdasus Perlindungan Perempuan dan Anak

“Kita bertekat pemilu 5 kotak tahun 2019 berjalan sesuai aturan dan tujuan kita bersama. Untuk itu sukses pemilu adalah sukses kita semua. Mari kita sama-sama bahwa kita adalah anak Indonesia ikut bertanggung jawab dalam kontestasi pemilu 2019,” serunya.

Menuju Pemilu Sukses 2019
Menuju Pemilu Sukses 2019 – Peserta diskusi forum kerjasama bersama LSM dan Ormas dalam rangka pendidikan pemilih, di Abrezo Cafe, saat mendengar penjelasan dari komisioner KPU PB, Senin (16/4/2018) malam waktu setempat. (Foto: Kris Tanjung/PBOKe)

Amus menambahkan, bahwa disadari, dalam proses pemilu ada 3 hal yang kerap menimbulkan permasalahan, yakni pertama pada saat penetapan data pemilih dan saat kampanye serta ketiga saat penetapan hasil pemilu.

Diskusi berjalan aktif lantaran di isi tanya jawab yang seru dan penuh partisipatif dari sejumlah masyarakat yang hadir serta beberapa Ormas dan perwakilan partai yang mempertanyakan berbagai persoalan yang kerap ditemukan dalam proses pemilu.

Penulis : Kris Tanjung
Comments
Loading...
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
error: Content is protected !!