Portal Berita Papua Barat

Lapas Manokwari Cabut Hak 10 Warga Binaan, Perempuan Penyelundup Ganja Diserahkan ke Polisi

0 162
Lapas Manokwari
Ka. Lapas Manokwari, Yosef Yembise. (Foto: Rasyid Fatahuddin/PBOke)

Manokwari, Papuabaratoke.com – Lapas Manokwari.  Upaya pencegahan dan pengendalian narkoba di lingkungan Lembaga Pemasyarakatan (LP) Kelas II B Manokwari membuahkan hasil. Sebab, pihak lapas berhasil mengungkapkan 10 warga binaan yang terbukti mengonsumsi narkoba.

Kepala LP Manokwari, Yosef Yembise mengatakan, Kamis (11/1/2018) temuan tersebut berhasil diungkapkan setelah petugas mengamankan paketan ganja dari tangan salah seorang perempuan yang hendak membesuk warga binaan pada 27 Desember 2017 lalu.

“Pengunjung yang kedapatan membawa ganja sudah diserahkan ke Polres. Kami lakukan tes urin terhadap 10 warga yang kami curigai menggunakan narkoba. Kami sudah koordinasi dengan Polres dan BNN untuk penanganannya. Itu upaya untuk meminimalisir masuknya narkoba ke dalam LP,” katanya.

Setelah terbukti positif, lanjut Yosef, 6 warga binaan dititipkan ke sel Polres Manokwari. Akan tetapi telah ditarik kembali karena sel polres over kapasitas. “Empat warga lainnya yang menurut kami masih berhubugan dengan orang di luar masih dititip di sel tahanan brimob Polda Papua Barat. Kemungkinan akan dipindahkan ke luar dari Manokwari,” ujarnya.

Sebanyak 10 orang yang positif narkoba ini menjalani hukuman pidana karena terlibat kasus yang bervariasi. Ada yang terlibat pencurian, narkoba, dan kasus lainnya.

“Sudah didalami oleh pihak yang berwenang. Kalau ada petugas lapas bahkan, kalapas pun siap-siap diberi sanksi, tidak ada toleransi. Tidak ada yang kebal hukum. Tidak ada toleransi. Untuk pemilik ganja sudah diserahkan ke Polres Manokwari,” pungkasnya.

Penulis : Razid Fatahuddin
Comments
Loading...
error: Content is protected !!