Portal Berita Papua Barat

Mahasiswa Tagih Janji Presiden Tuntaskan HAM Papua

0 5

Manokwari, Papuabaratoke. com – Aksi demo yang dilakukan mahasiswa Manokwari menuntut kasus pelanggaran HAM di Tanah Papua, Selasa (13 Juni 2017), berlangsung dibawah guyuran hujan. Mahasiswa dalam beberapa orasi, mengecam pemerintah yang dinilai tidak serius menyelesaikan pelanggaran HAM, sejak Tahun 1962.

Mereka memdesak Mahkamah HAM Internasional dan Komnas HAM RI, membentuk tim investigasi guna mengusut berbagai pelanggaran HAM di Papua. Sekretaris Solidaritas Nasional Rakyat Papua (SNRP), Hugo Asrouw, menegaskan persoalan Papua bukan pembangunan dan bukan pula Otsus, persoalan Papua adalah Kemanusiaan. “Negara Indonesia sangat tidak serius menyelesaikan pelanggaran HAM di Tanah Papua sejak Tahun 1962 sampai saat ini, ” tegasnya.


Ia juga menagih janji Presiden RI, Joko Widodo, yang berjanji akan menyelesaikan masalah HAM di Papua. Ini disampaikan Jokowi saat kampanye Pilpres lalu. “Presiden berjanji saat itu, jika terpilih, ia akan menuntaskan kasus-kasus HAM di Papua. Nyatanya sampai sekarang belum ditepati, ” terang Hugo.
Aksi memperingati Hari HAM Papua ini, awalnya digagas sejumlah penggiat HAM di Sorong Tahun 2016 lalu.(CRM)

Comments
Loading...
error: Content is protected !!