Portal Berita Papua Barat

Makna Idul Fitri, Harus Menjadi Rahmat Bagi Sesama

0 4

Manokwari, Papuabaratoke.com – Hari nan Fitri telah tiba. Minggu (25 Juni 2017), seluruh umat muslim di dunia merayakan Idul Fitir 1438 Hijriah. Namun, yang terpenting adalah bertawakal seperti saat bulan ramadhan.

Seperti khotbah yang disampaikan Drs.Khumaidi saat Shalat Idul Fitri di Masjid Darul Ulum Amban. Menurutnya, saat menjalankan ibadah puasa, umat muslim diwajibkan menahan hawa nafsu.
“Bersyukur bisa dipertemukan dengan 1 syawal yang merupakan hari kemenangan,” ujarnya dalam khotbah berjudul ‘Merealisasikan hasil latihan selama Ramadhan’.

“Ujian sebenarnya adalah setelah Ramadhan. Umat muslim wajib menjadi pribadi yang jujur, disiplin dan peduli terhadap orang lain,” terangnya.
Tak lupa diingatkan pula, umat harus sabar, dermawan, taat beribadah dan sederhana. Ia mengajak semua umat muslim untuk mengnendalikan hawa nafsu agar tidak tergelincir pada hal yang terlarang serta menjalin silaturahmi.
Yang tidak kalah penting, lanjutnya, umat muslim harus bisa menjadi rahmat bagi seluruh alam. Salah satu tujuannya, menepis anggapan Islam yang identik dengan kekerasan.
Sholat Idul Fitri yang dimulai pukul 07.15 WIT ini, dipimpin Imam Heru Joko B.R, diikuti ratusan jamaah sekitar Amban. (WHY/PBoke)

Comments
Loading...
error: Content is protected !!