Portal Berita Papua Barat

Masyarakat Diminta Cegah Manokwari Jadi “Lahan Basah” Peredaran Narkoba

0 80
Peredaran Narkoba
Peredaran Narkoba – Barang bukti ganja saat dirilis oleh Kasat Narkoba Iptu Jamhari (Kanan) didampingi tim buser, di ruang kantornya, Rabu (14/2/2018) lalu. (Foto: Adrian Kairupan/PBOKe)
Manokwari, Papuabaratoke.com – Peredaran Narkoba.  Masyarakat Manokwari kembali dihimbau dan diminta ikut berperan dalam menutup ruang peredaran narkoba di kota Injil Manokwari.

Hal ini diserukan Kapolres Manokwari AKBP Adam Erwindi, S.IK melalui Kasat Narkoba Iptu Jamhari. Dikatakannya, peranserta dan dukungan masyarakat sangat membantu tertutupnya cela peredaran barang haram tersebut.

“Kalau mau mata rantai peredaran narkoba dan sejenisnya ini putus, maka harus ada kerja sama. Makanya kami selalu himbau masyarakat, jikalau ada informasi terkait adanya transaksi dan informasi ada penjualan barang (Narkoba, red) ini, tolong laporkan ke pihak kepolisian terdekat,” kata Jamhari, Sabtu (17/2/2018) kemarin.

Menurutnya, jikalau ruang dan cela peredaran narkoba dibiarkan, pelaku bisnis barang haram ini akan menjadikan kota Manokwari sebagai “lahan basah” peredaran narkoba.

Untuk itu, dia mengajak masyarakat jangan biarkan kota Manokwari menjadi “lahan basah” berkembangnya bisnis narkoba.

Pihaknya pun berkeyakinan, jika aparat keamanan dan masyarakat sejalan dan berkomitmen, peredaran narkoba mampu ditekan.

Dijelaskan, dalam hal (P4GN) pencegahan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba, tak hanya tanggungjawab pemerintah daerah dan kepolisian, melainkan juga peran masyarakat.

“Peran serta masyarakat dalam P4GN ini dijamin dalam UU RI Nomor 35 Tahun 2009 Tentang Narkotika,” jelas Jamhari.

Dimana kata dia, ditegaskan dalam pasal 104, bahwa masyarakat mempunyai kesempatan yang seluas-luasnya untuk berperan serta membangun pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika dan prekursor narkotika.

“Kami berharap adanya peran aktif masyarakat dalam memerangi narkoba. Karena peredaran narkoba saat ini masih cukup tinggi. Terbukti dengan beberapa kali petugas berhasil menangkap dan menggagalkan transaksi narkotika jenis ganja di beberapa sudut kota di Manokwari,” pungkasnya.

Baca Juga:  Jimmy Ijie: Pasar Modern Jangan Jual Sayur dan Ikan
Penulis : Adrian Kairupan
Editor : Kris Tanjung
Comments
Loading...
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com