Portal Berita Papua Barat

Menuju Manokwari “Nol Sampah” Pemda Lahirkan “Pemulung Keren”

0 159
Menuju Manokwari Nol Sampah
Menuju Manokwari Nol Sampah – Momen peringatan hari peduli sampah nasional (HPSN). (Foto: Adrian Kairupan/PBOKe)
Manokwari, Papuabaratoke.com – Menuju Manokwari Nol Sampah.  Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Manokwari, kembali membuktikan komitmennya menuju Manokwari “Nol Sampah”.

Hal ini terlihat yang dirangkaikan pada momen peringatan hari peduli sampah nasional (HPSN) yang jatuh pada tanggal 21 Februari. Dimana pemda Manokwari menjalankan program Tiga Bulan Bersih Sampah (TBBS) dengan Tema “Pemulung Keren, mewujudkan Manokwari Nol Sampah”.

Dengan harapan mampu merangsang masyarakat Manokwari dapat menyayangi bumi, bersihkan dari Sampah.

Hal ini menidaklanjuti surat edaran menteri lingkungan hidup dan kehutanan RI Nomor SE IMenLHK/PSLB3/PLB.0/1/2018 Tanggal 15 Januari 2018 tentang kerja bersama untuk meningkatkan penanganan sampah dalam rangka hari peduli sampah 2018.

Adapun kegiatan ini dipimpin langsung oleh Bupati Manokwari, Demas Paulus Mandacan SSos, yang telah diagendakan melalui Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Manokwari bekerja sama dengan “Bank Sampah” UKM Pramuka UNIPA.

Pantuan langsung Papuabaratoke.com di lapangan, selain kegiatan Jumat Bersih bersama di sepanjang Jalan Percetakan Sanggeng Manokwari, diikuti dengan penimbangan Limbah Plastik yang jika dirupiahkan Rp. 2 ribu per kilo gram.

Menuju Manokwari Nol Sampah
Menuju Manokwari Nol Sampah – Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Bupati Manokwari, Demas Paulus Mandacan SSos.(Foto: Adrian Kairupan/PBOKe)

Sehingga sangat diharapkan partisipasi seluruh warga Masyarakat Manokwari turut serta ambil bagian dalam kegiatan mengenal jenis sampah yang dapat diolah (Jenis Limbah Plastik Kemasan Botol, Gelas, Jerigen, Oli Shampo, Sabun Cair dan Sejenisnya). sehingga hasil bersih-bersih di akan dipilah dan serahkan ke Bank Sampah untuk didaur ulang.

Serangkaian kegiatan TBBS sebelumnya juga sudah dilakukan sosialisasi dan kampanye bersih dari sampah di Pulau Lemon.

Penulis :Adrian Kairupan
Editor : Kris Tanjung
Comments
Loading...
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
error: Content is protected !!