Portal Berita Papua Barat

‘Papua Juga Punya Pahlawan’ Hiasi HUT RI Di Manokwari

0 12

Manokwari, Papuabaratoke.com – Upacara HUT Kemerdekaan RI ke-72 di Lapangan Borarsi Manokwari, Kamis (17 Agustus 2017), berlangsung hikmad. Meski diguyur hujan, upacara bendera tetap berjalan lancar.

Upacara yang digelar Pemerintah Provinsi Papua Barat ini, dipimpin Letkol Infantri Wempi Ramandey, Komandan Kodim 1713 Kaimana.

Sementara, Gubernur Papua Barat, Drs.Dominggus Mandacan bertindak sebagai inspektur upacara. Pengibaran bendera Merah Putih berjalan dengan hikmad, saat Indonesia Raya berkumandang, diiringi paduan suara Gita Bahana Nusantara Papua Barat.

Diselingi Sosio Drama yang menggambarkan cerita singkat tentang bagaimana para pahlawan berjuang membela NKRI untuk Merdeka, menambah semaraknya perayaan HUT RI di Manokwari.

Puisi berisi ajakan muda-mudi Papua Barat untuk meneruskan perjuangan, juga berkumandang. Yang terakhir, tarian kolosal yang dibawakan 200 orang, menggambarkan keberagaman dan persatuan di bumi Papua Barat.

Usai upacara, Gubernur bersama pejabat daerah lain, kemudian bergeser ke Taman Makam Pahlawan di Sanggeng, untuk memberi penghormatan dan peletakan krans bunga serta tabur bunga.

Disini, Pangdam XVIII Kasuari Papua Barat, Mayjen TNI Joppye Onesimus Wayangkau, bertindak sebagai inspektur upacara.  Kegiatan ini sangat berarti bagi Gubernur karena ayahnya Lodewijk Mandatjan, juga dimakamkan di TMP Sanggeng.

“Bukan hanya ayah saya, ayah Pak Sekda, Drs. Nataniel D Mandcan, juga ada dimakamkan disini,” ujar Gubernur.

Selain itu, ia menyoroti instansi teknis untuk memperhatikan perawatan TMP Sanggeng. Pasalnya, banyak makam para pahlawan yang tidak memilii nama di batu nisan.

Rombongan juga melakukan tabur bunga di dermaga  TNI Angkatan Laut untuk menghormati pahlawan yang gugur di laut. (ILO/PBOke)

Comments
Loading...
error: Content is protected !!