Portal Berita Papua Barat

Pastikan Sampah Terangkut, BLH Lengkapi Truk Sampah Dengan GPS

0 145
Pastikan Sampah Terangkut
Pastikan Sampah Terangkut – Fredy Rusamassu Kepala Bidang Persampahan Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kabupaten Manokwari, saat ditemui langsung di ruang kerjanya, Selasa (20/3/2018). (Foto: Clemens Mandacan/PBOKe)
Manokwari, Papuabaratoke.com – Pastikan Sampah Terangkut.  Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kabupaten Manokwari lengkapi truk pengangkut sampah dengan GPS.

Hal ini dilakukan untuk memastikan para sopir sampah melaksanakan tugasnya secara profesional alias sampah-sampah pada tempat pengumpulan sementara dapat terangkut.

“Kami pantau truk sampah melalui GPS. Jadi kalau truk stop di mana atau keluar rute, kita bisa mengetahui bahkan mesin padampun dan keberadaan truk dapat kami ketahui melalui GPS bersistem Fox Logger, yang terpasang di truk sampah tersebut,” Ucap Fredy Rusamassu Kepala Bidang Persampahan Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kabupaten Manokwari, saat ditemui langsung di ruang kerjanya, Selasa (20/3/2018).

Fredy mengatakan, setiap hari pihaknya memantau langsung aktifitas truk pengangkut sampah di layar monitor komputer kantor yang tersedia.

Bahkan disebutkan, ia juga dapat mengetahui jumlah aktifitas truk sampah setiap harinya. Misalkan dalam sehari truk mengangkut sampah empat kali dengan rute yang ditentukan di GPS, ini akan terlihat sehingga mudah terpantau.

Pastikan Sampah Terangkut
Pastikan Sampah Terangkut – Warna Biru ujung peta pada layar monitor, merupakan GPS rute truk angkut sampah yang dipantau langsung dari ruang kerjanya, Fredy Rusamassu Kepala Bidang Persampahan Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kabupaten Manokwari. (Foto: Clemens Mandacan/PBOKe)

Meski demikian kata dia, jumlah GPS ini baru terpasang di enam truk sampah dan sisanya untuk mencukupi kebutuhan truk sampah lainnya, masih dalam pengadaan.

“Kita baru memulai bekerja, setiap tiga bulan sekali kami akan evaluasi,” pungkas Fredy.

Penulis : Clemens Mandacan
Editor : Kris Tanjung
Comments
Loading...
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com