Portal Berita Papua Barat

Pelajar Jadi Target Narkoba, BNN PB Bentengi Sekolah Dengan Tes Urine

0 58
BNN PB Bentengi Sekolah
BNN PB Bentengi Sekolah – Kepala Bidang Pencegahan, Perlindungan dan Pemberdayaan (P2M) BNN PB drg. Indah Perwitasari (Tengah kiri) bersama sejumlah siswa SMPIT Insan Mulia usai menggelar MoU sekolah bebas narkoba di sekolah setempat, Jalan Swapen Perkebunan, Kabupaten Manokwari, Papua Barat, Senin (26/3/2018).(Foto: Hanas Warpur/PBOKe)
Manokwari, Papuabaratoke.com – BNN PB Bentengi Sekolah.  Badan Narkotika Nasional Papua Barat (BNN PB) kembali membentengi sekolah-sekolah dari penyalahgunaan narkoba salah satunya akan melakukan tes urine.

Kepala Bidang Pencegahan, Perlindungan dan Pemberdayaan (P2M) BNN PB drg. Indah Perwitasari mengatakan narkoba berbagai jenis telah menguncar pelajar secara diam-diam ke sekolah-sekolah di daerah Manokwari khususnya dan Papua Barat.

Untuk itulah harus dilakukan pencegahan sejak dini. Pencegahan yang dilakukan BNN adalah memproteksi diri para siswa dengan melakukan tes urine.

Dengan pemeriksaan urine para siswa, salah satu cara awal mengantisipias dan mendeteksi siswa atau pelajar dari penyalahgunaan narkoba.

“Untuk MoU (Momerandum of Understanding) di SMP Islam Terpadu ini menjadi pintu masuk bagi BNN dalam membantu pihak sekolah berantas narkoba. Kami akak tes urine menurut setiap siswa saat mendaftar masuk sekolah dan setelah tamat wajib untuk di tes urine,” kata drg. Indah

Dikatakan, bahwa pendidikan juga mempengaruhi keamanan siswa, untik itu, para orangtua untuk selalu memperhatikan perkembangan anak setelah pulang dari sekolah. Pasalnya kata dia jika saat siswa berada di sekolah menjadi tanggung jawab guru, sebaliknya jika siwsa berada di lingkungan keluarga, maka menjadi tanggung jawab penuh orangtua.

Kepala Bidang Pencegahan, Perlindungan dan Pemberdayaan (P2M) BNN PB drg. Indah Perwitasari.(Foto: Hanas Warpur/PBOKe)

 

“MoU seperti ini bukan saja kami lakukan di SMPIT, namun akan berkembang secara berhatap ke tingkat SMA/SMK di Manokwari khususnya dan sekolah-sekolah lainnya di wilayah Papua Barat pada umumnya. Jadi MoU seperti ini akan dilakukan secara bertahap, sebab tujuan dari MoU ini sangat penting agar kita sama-sama menjaga agar sekolah bebas dari peredaran narkoba,” kata drg. Indah usai MoU BNN dengan SMPIT Manokwari, Senin (26/3/2018).

Baca Juga:  Wujudkan Sekolah Bebas Narkoba, SMPIT Manokwari MoU Dengan BNN Papua Barat

Dijelaskannya bahwa, bentuk MoU ini tentu setiap kegiatan BNN pihak sekolah melibatkan siswa dan ikut mendorong bebas narkoba, entah itu kegiatan jalan sehat bersama, kampanye stop narkoba dan kegiatan lainnya.

Sebenarnya, lanjut dia, BNN sudah melakukan MoU dengan dinas pendidikan tingkat provinsi dan kabupaten/kota se Papua Barat.

“BNN sudah lakukan MoU, maka tak perlu lagi mereka masuk ke sekolah-sekolah, sebab secara jenjang pihak sekolah akan mendapat penjelasan resmi melalui dinas pendidikan. Hanya saja, karena belum ada MoU, maka pihak BNN harus menjemput bola ke sekolah,” terangnya.

Penulis : Hanas Warpur
Editor : Kris Tanjung
Comments
Loading...
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
error: Content is protected !!