Portal Berita Papua Barat

Pemda Manokwari Batalkan Rencana Swastanisasi Pengelolaan Sampah

0 55
Swastanisasi Pengelolaan Sampah
Swastanisasi Pengelolaan Sampah – Pemerhati Lingkungan, Johny Aninam, ketika bertandang ke Redaksi papuabaratoke.com, Senin (19/2/2018). (Foto: Razid Fatahuddin/PBOKe)
Manokwari, Papuabaratoke.com – Swastanisasi Pengelolaan Sampah.  Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Manokwari diminta tidak tergesa-gesa dalam mengambil keputusan terkait swastanisasi pengelolaan sampah di daerah ini.

Pemerhati Lingkungan Johny Aninam mengatakan konsep pengelolaan sampah – di pihakketigakan adalah opsi (pilihan) kesekian. Sebab masih ada upaya lain yang lebih efektif dan efisien dalam pengelolaan sampah.
“Yang utama harus dilengkapi sarana dan prasarana persampahan termasuk jumlah petugas kebersihan. Semua itu harus dimaksimalkan,” kata Johny, Senin (19/2/2018).

Menurut anggota Sobat Bumi Malang ini, jika pengelolaan sampah benar-benar dipihakketigakan atau diswastasnisasikan. Dikhawairkan justru memberatkan masyarakat. Johny mengaku sedang melanjutkan studi di Kota Malang, Provinsi Jawa Timur. “Pihak swasta sudah pasti provit oriented (mencari keuntungan). Bisa-bisa ini justru membebani masyarakat,” bebernya.

Baca Juga:  Pemerhati : Perda Solusi Atasi Sampah di Manokwari
Wakil Bupati Manokwari, Edi Budoyo.(Foto: Razid Fatahuddin/PBOKe)

Sebelumnya, Wakil Bupati Edi Budoyo mengatakan, pemerintah daerah akhirnya membatalkan upaya swastanisasi pengelolaan sampah. Urusan persampahan tetap ditangnai pemda.
“Mau diserahkan ke pihak ketiga, belum. Memang itu wacana bupati tapi tidak dilanjutkan. Tetap ditangani oleh pemda dengan kita memberdayakan seluruh komponen masyarakat yang ada,” kata wabup.

Dengan demikian, pemerintah akan meningkatkan peran pemerintahan di tingkat distrik, kelurahan, dan lingkungan (RT dan RW). “Pemerintah dan masyarakat harus sadar untuk menangani masalah kebersihan secara bersama,” pungkas wabup.

Penulis : Razid Fatahuddin
Comments
Loading...
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com