Portal Berita Papua Barat

Pemda Manokwari Diminta Peduli Kebersihan Wisata Pasir Putih

0 65
Kebersihan Wisata Pasir Putih
Kebersihan Wisata Pasir Putih – Kondisi di bibir pantai pasir putih, Manokwari yang dipenuhi sampah plastik. (Foto: Clemens Mandacan/PBOke)
Manokwari, Papuabaratoke.com – Kebersihan Wisata Pasir Putih.  Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Manokwari diminta mempedulikan kebersihan wisata pantai pasir putih Manokwari.

Pemerhati lingkungan Manokwari, Samuel C. A. Rumbubiar SE, menuturkan Pemda Manokwari melalui dinas terkait semestinya memberi perhatian tersendiri di daerah-daerah objek wisata, seperti pasir putih dan lainnya.

Pasalnya kata dia, sesuai pantaun dan fakta yang ada, kondisi wisata pasir putih tak jarang ditemukan tumpukan sampah buangan masyarakat sepanjang garis pantai.

“Saya pantau sampah-sampah yang dibuang masyarakat ke laut tersebut mengikuti arus air laut, sehingga terdampar di bibir pantai. Seperti kondisi di pantai pasir putih,” ucapnya saat dijumpai Papuabaratoke.com, Kamis (18/1/2018).

Ia mengatakan, sampah-sampah yang berhamburan di bibir pantai tersebut sangat mengganggu estetika dan keindahan pantai. Untuk itu lanjut dia, Pemda semestinya memperhatikan kebersihan wisata pasir putih yang merupakan salah satu aikon ibu kota Provinsi Papua Barat.

Kebersihan Wisata Pasir Putih
Kebersihan Wisata Pasir Putih – Kondisi di bibir pantai pasir putih, Manokwari yang dipenuhi sampah plastik. (Foto: Clemens Mandacan/PBOke)

Karenanya, diharapkan Pemda Manokwari, memberikan perhatian khusus di wisata pasir putih Manokwari, dengan memfungsikan petugas sapu pantai.

“Kami berharap juga masyarakat dan pengunjung tempat-tempat wisata yang ada di Manokwari, tidak membuang sampah ke laut. Kitong buang sampah ke laut, sampah-sampah itu tidak akan hilang tapi akan kembali terbawa arus ke bibir pantai, jadi kitong sendiri yang kena dampak. Mari budayakan hidup bersih dan malu membuang sampah sembarangan,” seru Samuel.

Meski demikian, dalam pernyataannya, Samuel juga mengapresiasi semangat Pemda Manokwari, dibawah komando Bupati Demas Paulus Mandacan yang mencanangkan Manokwari nol sampah.

Penulis : Clemens Mandacan
Editor : Kris Tanjung
Comments
Loading...
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
error: Content is protected !!