Portal Berita Papua Barat

Pemda Manokwari Isyaratkan Pengelolan Sampah Gandeng Swasta

0 166
Pemda Manokwari
Pemda Manokwari – Bupati Manokwari, Demas Paulus Mandacan. (Foto: Rasyid Fatahuddin/PBOke)
Manokwari, Papuabaratoke.com – Pemda Manokwari.  Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Manokwari menyisyaratkan akan menggandeng pihak ketiga atau swasta dalam pengelolaan sampah.

Hal ini diungkapkan langsung oleh Bupati Manokwari, Demas Paulus Mandacan melalui kutipan pesan WhatsApp di group terbatas Jaga Papua, sekira pukul 22.36 WIT, Minggu (25/2/2018).

Dia mengatakan, bahwa beberapa waktu lalu, ada pihak swasta yang berkunjung ke Manokwari melakukan survey terkait pengelolaan sampah.

“Dan hari Rabu kemarin lalu, saya sudah temui pihak swasta tersebut di Kota Surabaya, kebetulan pihak swasta ini yang menangani sampah di Surabaya. Pada prinsipnya mereka bersedia untuk mengelola sampah di Manokwari pada tahun 2019 mendatang,” kutip Demas.

Ia pun menyadari, bahwa sarana dan prasarana yang dimilki Pemda Manokwari sangat minim. Baik bak sampah maupun Armada (Truk) sampah.

Untuk itu, kata Demas, di tahun 2018 ini Pemda Manokwari menganggarkan sekitar Rp13 milyar untuk pengelolaan sampah di Manokwari. Meski demikian ungkapnya, pengelolan sampah tak semudah yang dibayangkan.

Dan menurutnya, masalah sampah bukan hanya tanggungjawab pemerintah, melainkan semua pihak. Dikarenakan jumlah penduduk semakin bertambah mengingat Manokwari sebagai Ibu Kota Provinsi Papua Barat.

“Untuk pengelolaan sampah memang tidak semudah yang kita bayangkan. Untuk menangani sampah di Manokwari dibutuhkan 35 unit armada truk sampah. Karena itu, ada mekanisme pelaksanaan anggaran yang harus dilalui yaitu proses lelang,” tuturnya.

“Hari Senin (26/2/2018) besok, Pemda Manokwari akan menerima 3 unit truk sampah dan 10 bak sampah dari Gubernur Papua Barat di apel gabungan pemerintah provinsi Papua Barat,” tambah Demas menginformasikan.

Demas pun mengapresiasi untuk semua pemerhati sampah di Kota Manokwari yang ikut peduli dan memberikan masukan serta saran guna terwujudnya Manokwari “Nol Sampah”.

Baca Juga:  Serahkan DPA, Wabup Budoyo Harap OPD Maksimalkan Penyerapan
Penulis : Kris Tanjung
Comments
Loading...
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com