Portal Berita Papua Barat

Pemkab Siapkan 5 Hektar Untuk Relokasi Warga Taman Ria-Rendani

0 36
Relokasi Warga Taman Ria
Asisten Bidang Pemerintahan Sekretariat (Setda) Kabupaten Manokwari, Wanto

Manokwari, Papuabaratoke.comRelokasi Warga Taman Ria.  Program pengembangan Bandara Rendani terus disosialisasikan kepada masyarakat terutama mereka yang berdomisili di daerah Tama Ria sampai Rendani.

Dua daerah tersebut merupakan kawasan yang terpapar langsung pelaksanaan program perluasan dan perpanjangan landasan pacu (run way) bandara.

Asisten Bidang Pemerintahan Sekretariat (Setda) Kabupaten Manokwari Wanto, Jumat (8/9/2017) mengatakan, Pemkab telah menyiapkan lahan seluas 5 hektar.

Masih dibutuhkan 15 hektar lagi. Saat ini, pemerintah telah menyiapkan 4 hektar tanah ditambah 1 hektar untuk kebutuhan lain. dan Jika sudah beres semua maka akan dibangun perumahan,” kata Wanto di sela-sela pertemuan dengan warga Taman Ria-Rendani

Seperti diberitakan Papuabaratoke.com sebelumnya, Warga Taman Ria Galaang Tanda Tangan dan Bentangkan Spanduk Penolakan, Kamis (7/9/2017) kemarin.

Langsung direspon oleh Pemkab dengan melakukan pertemuan kembali dengan warga. Lahan seluas 5 hektar itu bisa dipastikan untuk merelokasi warga. Sayang, Wanto tak membeberkan lokasi lahan dimaksud.

Wanto menegaskan, rencana pengembangan Bandara Rendani sudah dicanangkan jauh hari. “Kita rencanakan perpanjangan run way sampai 700 meter,  Tidak benar jika program tersebut adalah program yang baru dan terkesan mendesak.

“Sosialisasi terus dilakukan. Kami datang tujuannya untuk berikan informasi yang benar dan resmi.  Kami akan katakan sesuai aturan dan tidak mungkin diluar kebijakan pimpinan,” tandasnya.

Wanto mengungkapkan, rencana pengembangan bandara, juga sudah dibahas bersama Pemerintah Provinsi Papua Barat.

“Walaupun bandara merupakan kepentingan umum. Masyarakat harus diperhatikan. Jangan sampai empat kali kecelakaan pesawat di Manokwari,” ujar Wanto menirukan ucapan Gubernur Dominggus Mandacan saat itu.

Wanto menambahkan, dengan menyandang predikat Ibu Kota Provinsi (Papua Barat), Manokwari telah berkembang pesat. Untuk itu, sarana dan prasarana perlu disesuaikan dengan pertumbuhan penduduk. Dan salah satunya bandara.

Baca Juga:  Produksi Air Minum Isi Ulang Harus Sesuai Aturan

“Tim persiapan sudah melakukan pendataan berikutnya akan dilakukan konsultasi publik,” ujarnya lagi.

Sosialisasi ini di hadiri Kepala Badan Pertanahan, Perwakilan Bandara dan masyarakat Taman Ria-Rendani. (VWM/PBOke)

Comments
Loading...
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com