Portal Berita Papua Barat

Pendaftaran Serentak Digelar 3 Juli, Antisipasi Penumpukan Di Sekolah Favorit

0 5

Papuabaratoke.com – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Manokwari, siap mengawal pendaftaran siswa – siswi baru Tahun Ajaran 2017-2018.

Pendaftaran ini dilakukan serentak pada hari Senin (3 Juli 2017), untuk tingkat SD dan SMP. Sementara pendaftatan tingkat SMA dibawah pengawasan Dinas Pendidikan Pemprov Papua Barat.

Kepada papuabaratoke.com, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Manokwari, Barnabas Dowansiba, mengatakan penerimaan siswa baru disesuaikan dengan kuota ruang kelas sekolah.

Mengingat keterbatasan daya tampung sekolah, orang tua calon siswa diharapkan tidak memaksakan kehendak mendaftarkan anak di sekolah tertentu.

“Selain daya tampung, pendaftaran juga berdasarkan zonasi (rayon). Artinya berdasarkan tempat tinggal. Saya harap orang tua memahaminya,” ujar Barnabas, Sabtu 1 Juli 2017).

Saat ini sejumlah sekolah sudah menyiapkan proses pendaftaran siswa baru, diantaranya pengumuman melalui media massa dan spanduk.

Menurut Barnabas, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Manokwari akan menurunkan tim pemantau saat pelaksanaan pendaftaran.

“Saya tidak dengan tim, tapi akan memantau sendiri,” paparnya.

Diperkirakan pendaftaran di SMP Negeri 1 dan SMP Negeri 3 Manokwari tetap menjadi sekolah pilihan seperti tahun sebelumnya. Namun, pendaftaran akan berlangsung singkat dalam dua jam. Sementara, sekolah lainnya tetap membuka pendaftatan sesuai kebutuhan penerimaan.

“Pendaftatan untuk sekolah swasta selama 6 hari kerja. Yang terpenting sesuai daya tampung atau meja dan kursi yang tersedia,” Kata Barnabas.

Dirinya berharap pendaftaran siswa baru berjalan lancar sesuai jadwal kesepakatan antara Sekolah dan Dinas.(VWM/PBOKe)

Comments
Loading...
error: Content is protected !!