Portal Berita Papua Barat

Penerapan Sitem Rayonisasi Oleh Dinas Pendidikan Dianggap Gagal

0 22

Pendaftaran Siswa Baru Menumpuk

Papuabaratoke.com – Anggota DPRD Manokwari, Romer Tapilatu, menilai Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Manokwari tidak konsisten menerapkan sistem penerimaan siswa baru (sistem rayon).

Terbukti, masih ada siswa yang diterima di sekolah tertentu meskipun rayonnya berbeda.

“Harus ada ketegasan dari Dinas terkait pembagian rayon sekolah. Kalau tidak seperti itu, nanti malah siswa yang bingung mau mendaftar Sekolah,” ujar Romer via ponsel kepada Papuabaratoke.com, Jumat (7 Juli 2017)

Menurutnya, yang tidak kalah penting adalah pengawasan teratur agar tidak ada Sekolah yang seenaknya menerima Siswa namun tidak berdasarkan sistem rayonisasi.

Politisi PKPI itu menilai pihak sekolah harus memberi informasi saat pendaftaran, termasuk domisili siswa maupun persyaratan lain yang dianggap penting.

“Jangan ada lagi yang mau memaksa masuk rayon jika tidak sesuai. Jika saja ada yang seperti itu, tentu memicu yang lain karena dianggap tidak adil. Terapkan aturan itu juga butuh konsisten,” paparrnya.

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Manokwari tahun ini tetap menerapkan sistem rayonisasi dalam penerimaan siswa baru. Hal tersebut bertujuan agar penyebaran siswa merata untuk semua Sekolah yang ada di Manokwari. (WHY/PBOKe)

Comments
Loading...
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com