Portal Berita Papua Barat

Persatuan Bangsa Digerus, GMKI Ajak Masyarakat Perangi Hoax

0 93
GMKI Ajak Masyarakat Perangi Hoax
GMKI Ajak Masyarakat Perangi Hoax – Menteri Kominfo RI, Rudiantara, S.Stat.,MBA, saat membuka secara resmi kegiatan pilar demokrasi dan paskah nasional GMKI tahun 2018, di Manokwari, Papua Barat, Jumat (6/4/2018).(Foto: Clemens Mandacan/PBOke)
Manokwari, Papuabaratoke.com – GMKI Ajak Masyarakat Perangi Hoax.  Organisasi Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) mengajak masyarakat Manokwari memerangi fitnah alias kabar burung atau hoax.

Hal ini disampaikam Ketua Umum GMKI Sahat Martin Philip Sanurat, saat menghadiri kegiatan pilar demokrasi dan paskah nasional GMKI tahun 2018, di Manokwari, Papua Barat, Jumat (6/4/2018).

Sahat Martin Philip Sanurat selaku Ketua Umum GMKI Indonesia, mengungkapkan, kondisi saat ini persatuan dan kesatuan rakyat Indonesia terus digerus oleh sekelompok orang yang menginginkan bangsa ini pecah. Sehingga banyak masyarakat yang mengalami ketimpangan sosial.

Kondisi ini tentu perlu dijawab diantaranya dengan terus menjaga persatuan dan kesatauan.

“Kita harus dorong bagaimana masyarakat kita bisa mengalami kesetaraan, bisa merasakan keadilan pembangunan, meningkatkan kesejahteraan masyarakat, baik itu dipulau jawa maupun di daerah-daerah tertinggal. Karena hal ini lah, yang menjadi semangat kita melaksanakan lokakarya pilar-pilar demokrasi dan paskah nasionla GMKI ini,” ucapnya.

Lanjut Sahat, dengan merefleksi makna paskah, sebenarnya Yesus Kristus yang diperingati melalui Jumat Agung dan paskah yaitu kematian dan kebangkitan dari Yesus dua ribu tahun silam.

Dimana kata dia, Yesus saat itu juga menjadi korban fitnah atau hoax, yaitu ketika Yesus yang datang membawakan damai tetapi dari kelompok-kelompok yang tak menerima, memfitnah Yesus dengan menuduh ingin menggantikan kerajaan Romawi saat itu.

Lanjut dia, kemudian kerajaan Israel waktu itu dan sebagainnya oleh kelompok-kelompok orang farisi, atau saduki, orang-orang yang ahli agama, pakar-pakar perguruan tinggi di masa itu mengeluarkan hal-hal maklumat fitnah untuk menjegal Yesus kristus.

Kegiatan pilar-pilar demokrasi dan paskah nasional GMKI yang telah berlangsung sejak Kamis, 5 April 2018 tersebut, baru dibuka secara resmi oleh Menteri Kominfo RI, Rudiantara, S.Stat.,MBA, Jumat (6/4/2018).(Foto: Clemens Mandacan/PBOke)

 

Baca Juga:  Paskah Nasional Dipusatkan di Pulau Mansinam Bakal Dihadiri Ribuan Kader GMKI se Indonesia

“Sehingga masyarakat yang tadinya merasa beruntung disembuhkan Yesus, justru ikut terprovokasi dengan hoax yang disebarkan sekelompok orang oleh ujaran kebencian yang disebarkan. Nah kondisi ini kembali mulai terjadi dalam kehidupan kita semua,” tuturnya.

Menurutnya, kondisi saat itu, perlu menjadi renungan dan pelajaran yang kemudian direfleksikan bahwa memang kebohongan pada akhirnya adalah ancaman yang menghapus kebenaran.

“Khusus bagi adik-adik kader GMKI, kita sebagai orang intelektual harus mampu menangkal hoax dan terus menyuarakan kebenaran,” serunya.

Gubernur Papua Barat, Drs Dominggus Mandacan yang hadir dalam kesempatan tersebut mengatakan, pihaknya terus menyerukan bahwa membangun dengan hati, mempersatukan dengan kasih adalah cara untuk mewujudkan Indonesia, tanah Papua, Papua Barat, Manokwari yang aman, sejahtera dan bermartabat. Yakni dengan saling menghargai, menghormati dalam perbedaan suku, agama, ras adat dan budaya.

“Mari kita jaga bersatu, dengan komitmen kita membangun Papua Barat yang maju. Bahwa masyarakat Papua Barat ini ada yang di kota, pinggiran kota, pegunungan, lereng, lembah, pesisir pantai, pulau ini menjadi tanggung jawab kita semua. Untuk itu mari pihak gereja, agama, GMKI, bersama-sama dengan pemerintah membangun Papua Barat agar bisa menjangkau masyarakat kita yang ada di daerah terpencil untuk bisa keluar dari ketertinggalan sehingga bisa bersaing dengan saudara saudara kita yang ada di provinsi lain di Indonesia,” serunya lagi.

Kegiatan pilar-pilar demokrasi dan paskah nasional GMKI yang telah berlangsung sejak Kamis, 5 April 2018 tersebut, bari dibuka secara resmi oleh Menteri Kominfo RI, Rudiantara, S.Stat.,MBA, Jumat (6/4/2018).

Penulis : Clemens Mandacan
Editor : Kris Tanjung
Comments
Loading...
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
error: Content is protected !!