Portal Berita Papua Barat

Pertahankan Budaya Papua, Parjal Gelar Balap Motor Jonson Nelayan

0 18
Parjal Gelar Balap Motor Jonson
Parjal Gelar Balap Motor Jonson – Panglima Parjal Ronald Mambieuw dan beberapa tokoh masyarakat di Sekretariat Parjal, di Manokwari, Senin (11/6/2018). (Foto: Hanas Warpur/PBOKe)
Manokwari, Papuabaratoke.comParjal Gelar Balap Motor Jonson.  Parlemen Jalanan (Parjal) di kabupaten Manokwari akan menggelar lomba balap motor jonson bagi para nelayan pasca lebaran nanti.

Hal ini disampaikan Panglima Parjal Ronald Mambieuw saat ditemui di sekretariat Parjal di Manokwari, Selasa (12/6/2018). Untuk mekanisme pendaftaran kata dia segera dimulai. Namun saat ini, sudah ada beberapa peserta lomba yang nyatakan diri ikut perlombaan tersebut.

Lokasi balap motor jonson akan berlangsung di laut pesisir kedalaman Pasir Putih Distrik Manokwari Timur, Kabupaten Manokwari.

Menurut Mambieuw, balap motor jonson ini sebagai bentuk wujud mempertahankan budaya Papua, khususnya nelayan yang masih menggunakan perahu jonson yang terbuat dari kayu.

Baca Juga:  Parjal Akan Gelar Lomba Tarian Persahabatan Rakyat Papua

Lanjutnya, balap motor jonson tetap menggunakan perahu yang terbuat dari kayu dan motor jonson 15 PK standar tanpa dimodifikasi.

“Kami sengaja lakukan perlombaan ini kepada nelayan agar tetap mempertahankan budaya Papua, yang khusus masih pertahankan perahu jonson terbuat dari kayu dan bukan perahu faeber,” kata Mambieuw.

Tentang hadiah, kata dia, ada motor tempel 15 PK ditambah tropi dan uang pembinaan khusus juara 1. Sedangkan juara 2 dan 3 mendapat tropi dan uang pembinaan.

Ia menambahkan bahwa peserta yang mendaftar bukan saja dari wilayah Manokwari, tetapi ada yang dari Kabupaten Biak Numfor dan Nabire, Provinsi Papua. Dan Raja Ampat, sisanya dari Manokwari.

Penulis : Hanas Warpur
Editor : Kris Tanjung
Comments
Loading...
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com