Portal Berita Papua Barat

Petani Arfak Lokal Sidey Bidik Kesuksesan Dari Sawah

0 7

Manokwari, Papubaratoke.com – Masyarakat Suku Arfak di Kabupaten Manokwari, Papua Barat, mengapresiasi  kehadiran Tentara Nasional Indonesia (TNI) dalam program cetak sawah.

Ketua Kelompok Tani Kampung Sidey Jaya Distrik Sidey, Demitrius Moktis, mengatakan, program cetak sawah oleh Presiden Joko Widodo, membuka peluang warga lokal Manokwari untuk merintis sukses di bidang pertanian.

“Kami sangat  mensyukuri kehadiran TNI yang

selain membuka lahan, TNI juga berperan besar di kampung, mereka aktif bersama penyuluh pertanian untuk pendampingan,” ujar Demitrius Senin (19 Juni 2017).

Diakuinya, peluang untuk maju dan mandiri masyarakat Suku Arfak terbuka lebar, karena selama ini jarang menggeluti pertanian padi sawah.

“Sebelumnya kami cuma menjadi penonton, karena pertanian padi hanya dilakukan warga trans dari Jawa dan Nusa Tenggara. Kami warga lokal cenderung berkebun dengan pola berpindah-pindah,” beber Moktis.

Keberhasilan petani padi warga trans, memicu semangatnya untuk membangun kelompok tani. Di Kampung Sidey Jaya, terdapat 25 petani padi dari Suku Arfak.

Moktis mengaku sedang mengelola 15 Hektar yang dibuka Tahun 2016. “Penanaman sudah, sekarang tahap perawatan. Tanaman sudah berbunga, mungkin sebulan lagi kami bisa panen,” ungkapnya. (ARN/PBOKe)

Comments
Loading...
error: Content is protected !!