Portal Berita Papua Barat

Petugas Kebersihan Keluhkan Kurangnya Kesadaran Masyarakat

0 9
Tampak tumpukan sampah yang ada di kali konto area Pasar Sanggeng

Manokwari,Papuabaratoke.com – Petugas Kebersihan pengangkut sampah keluhkan kurangnya kesadaran sebagian masyarakat di Manokwari, membuang sampah bukan pada tempatnya.Dan hal ini bertolak belakang dengan program Pemerintah Daerah (Pemda) yang terus mengupayakan kebersihan Manokwari sebagai kota Nol sampah.

“Masyarakat sering buang sampah ke kali konto, padahal sudah ada Tempat Pembuangan Sementara (TPS) berupa bak sampak jenis amrol,” kata Obed Mandowen, salah satu petugas pangangkut sampah wilayah pasar Sanggeng, yang ditemui Papuabaratoke.com, Rabu (13/12/2017)

Bahkan tembok pembatas kali konto runtuh saat sampah yang di area tersebut dibersihkan lantaran tak kuat menahan volume sampah yang menumpuk.

“Kami sudah usulkan ke kantor agar tembok dibangun ulang, tapi hingga saat ini belum terealisasi. Dan di kali Konto harus dipasang jaring penangkal sampah, agar sampah tidak terbawa arus ke laut,” ucapnya

Menanggapi usulan pembangunan kembali tembok pada kali Konto, Kepala Bidang (Kabid) Persampahan Badan Lingkungan Hidup (BLH) Manokwari, Fredy Rusamassu, menjelaskan pengusulan tersebut diusulkan kepada dinas Pekerjaan Umum (PU) Manokwari, yang sebelumnya menangani pengelolaan sampah.

Karena kata dia,  saat pengelolaan sampah ditugaskan ke BLH, pihaknya tak mendapati pengusulan yang dimaksud.

Meski demikian, persoalan pengelolaan sampah saat ini merupakan tanggungjawab BLH. “Kami sudah menambah lima bak sampah jenis amrol, agar masyarakat tidak lagi membuang sampah ke kali konto,” terangnya.

Editor : Kris Tanjung
Penulis : Clemens Mandacan
Comments
Loading...
error: Content is protected !!