Portal Berita Papua Barat

Petugas Kebersihan Pasar Sanggeng Tepis Tudingan Lakukan Pungli

0 8
Kordinator Petugas Kebersihan pasar Sanggeng, Obed Mandowen

Manokwari,Papuabaratoke.com – Petugas kebersihan pasar tinggkat Sanggeng, menepis tudingan melakukan Pungutan Liar (Pungli). Hal ini menyikapi informasi yang beredar di sebagian masyarakat Manokwari, yang mengatakan, setiap masyarakat yang hendak membuang sampah di bak sampah (amrol) yang disediakan oleh Badan Lingkungan Hidup (BLH) Manokwari, di pasar, dimintai bayaran.

“Kita tidak pernah tagih atau minta uang, malahan kita senang, karena masyarakat sadar membuang sampah pada tempatnya. Jika masyarakat buang sampah sembarangan kita juga yang nantinya bersihkan. angkat, ucap Kordinator Petugas Kebersihan pasar Sanggeng, Obed Mandowen, Selasa (12/12/2017) siang.

Namun diungkapkan, bahwa Pungli tersebut, biasa dilakukan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab alias bukan petugas kebersihan.

“Biasa mereka lakukan (Pungli, red) itu saat petugas sudah selesai bekerja dan pada malam hari,” bebernya.

Hanya saja kata dia, dirinya hanya melarang masyarakat luar yang buang sampah di bak sampah tersebut, saat bak penuh dengan volume sampah.

Baca Juga:  Wujudkan Manokwari Nol Sampah, 2018 Pemda Usulkan Rp 15 Miliar

“Saya larang mayarakat yang angkut dengan mobil, lalu buang di sini, kenapa tidak lansung buang di TPA. Mana cukup ditampung di sini, ini kan wadah bak yang disediakan diutamakan sampah pasar,” terang dia.

“Masyarakat sendiri biasa kasih uang, kami tidak pernah minta. Jadi jika ada yang kasih uang itu, bukan kami paksa, kembali pada masyarakat dengan kerelaan hatinya,” sambungnya lagi.

Disisi lain ungkap dia, pihaknya bekerja tanpa disertai tunjangan kesehatan dan alat pelindung diri. Seperti Sevety boots, Masker, baju kerja dan sarung tangan.

“Sehingga kami hanya minta pengertian masyarakat agar kita bisa mengurangi beban tersebut, jika pemerintah penuhi hak-hak kami, kita tidak bisa lakukan hal demikian,” pintanya.

Ia pun menyarankan kepada seluruh warga masyarakat Manokwari, yang hendak membuang sampah di bak penampung pasar Sanggeng, hendaklah dilakukan pada saat jam kerja.

“Kalau mau buang sampah,  mulai dari pagi hari hingga siang, sekira pukul 14.30 WIT, supaya tidak dimintai oleh oknum tersebut,” tutupnya. (PBOKe)

Editor : Kris Tanjung
Penulis : Clemens Mandacan
Comments
Loading...
error: Content is protected !!