Portal Berita Papua Barat

Pokja Efata Kembangkan Produk Keripik Lokal Manokwari

0 9

Manokwari, Papuabaratoke.com- Kelompok UMKM Binaan Bank Indonesia (BI) Papua Barat, Pokja Efata Manggoapi, sudah memproduksi makanan khas daerah keripik lokal. Makanan kas yang diharapkan menjadi kas daerah ini, diolah dari buah sukun dan keladi. Dengan kemasan dan wadah cantik dan aman serta dilengkapi logo makanan khas Manokwari.“Setelah mendapat pelatihan beberapa waktu lalu, kami sudah punya wawasan bagaimanan mengelola bahan makanan. Kami siap mengembangkannya,” ungkap Ketua Pokja Efata Manggoapi, Sarah Obinaru, Senin (24 Juli  2017).

Ia bersama anggota pokja lain sudah berkomitmen untuk mengembangkan makanan khas sesuai binaan BI Papua Barat. Keripik olahan Pokja Efata ini dibawah organisasi Persekutuan Wanita Gereja Efata Manggoapi, dengan anggota berjumlah 15 orang. Menurut Sarah, bahan baku utama yang mudah diperoleh, mendukung usaha pokja. Hanya keladi yang dibeli dari pasar, sementara bahan baku sukun berasal dari pohon sendiri.

“Saya yakin dengan kemasan sebagus ini, kita bisa bersaing di pasaran,” terangnya.Pendampingan oleh Bank Indonesia dimulai dari pelatihan, pengolahan, pemasaran hingga pengelolaan keuangan. Selain membina, BI juga memberi subsidi peralatan olahan produk seperti kemasan dan logo. “Saat ini BI masih memberikan subsidi kemasan yang didatangkan dari Jakarta. BI akan terus membina sampai mereka bisa mandiri,” kata Konsultan Pengembangan UMKM BI Papua Barat, Billy Hakim Ardi Wijaya. (THX/PBPKe)

Comments
Loading...
error: Content is protected !!