Portal Berita Papua Barat

Polda PB Imbau Warga Rayakan Lepas-Sambut Tahun Tanpa Euforia

0 6
Rayakan Lepas-Sambut Tahun
Rayakan Lepas-Sambut Tahun – Personil Direktorat Pembinaan Masyarakat (Binmas) Polda Papua Barat saat mengunjungi sejumlah stand penjual kembang api di sekitar Pasar Wosi.(Foto: Adrian Kairupan/PBOKe)
Manokwari, Papuabaratoke.com – Rayakan Lepas-Sambut Tahun.  Dalam rangka perayaan lepas-sambut tahun 2017 memasuki tahun baru 2018 pada malam pergantian tahun 31 Desember mendatang. Kepolisian Daerah (Polda) Papua Barat mengimbau warga agar tak merayakan pesta akhir tahun itu dengan euforia.

Sudah menjadi suatu kebiasaan pada malam pergantian tahun, di mana warga merayakannya dengan ragam kegiatan, mulai dari pesta kembang api, konvoi kendaraan bermotor, acara dance hingga acara yang tak masuk akal.
Menyikapi fenomena yang sudah menjadi candu ini, Direktorat Bimbingan Masyarakat (Binmas) mengajak masyarakat untuk menyambut tahun baru dengan melakukan hal-hal positif.

Guna mengoptimalkan imbauan tersebut, Direktorat Binmas Polda Papua Barat terjun hingga ke stand-stand penjualan petasan dan kembang api yang ada di daerah ini. Kunjungan itu dipimpin AKBP Laode Dika, dan beberapa Pejaba Utama lain beserta jajaran, Jumat (29/12/2017) pagi tadi. Dalam kunjungan tersebut juga membagikan pamflet imbauan kepada masyarakat untuk dipasang di area sepanjang tempat penjualan petasan dan kembang api.

“Sebisanya masyarakat merayakan pergantian tahun baru itu tidak usah dengan euforia, atau membakar petasan berlebihan yang nanti membahayakan,” kata Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Papua Barat, AKBP Harry Supriono. Kabid Humas mengatakan, penggunaan petasan dan kembang api rawan menimbulkan kebakaran. “Tempat penjualan petasan ini rawan dan padat aktivitas masyarakat, karena beberapa langsung berada dekat badan jalan raya,” ujar Hary.

Untuk mencegah hal itu, lanjut Hary, Kapolda memerintahkan jajaran untuk mewaspadai adanya penjualan atau pabrik pembuat petasan ilegal yang dapat membahayakan masyarakat. Mantan Kapolres Teluk Bintuni ini, juga menegaskan kepada masyarakat Papua Barat agar dapat menjaga keamanan, ketertiban serta mengantisipasi terjadinya kebakaran.  “Dalam menyambut tahun baru 2018 jangan berlebihan. Kalau bisa jangan menggunakan petasan dalam menyambut tahun baru,” ucapnya berpesan.

Baca Juga:  Pria Ini Rela Berhutang Material Tanah, Demi Perbaiki Jalan Umum Yang Rusak

 

Editor : Razid Fatahuddin
Penulis : Adrian Kairupan
Comments
Loading...
error: Content is protected !!