Portal Berita Papua Barat

Polres Manokwari Telisik Praktek Korupsi di SKPD

0 64
Praktek Korupsi di SKPD
Praktek Korupsi di SKPD – Kapolres Manokwari, AKBP Adam Erwindi, SIK.(Foto: Adrian Kairupan/PBOKe)
Manokwari, Papuaratoke.com – Praktek Korupsi di SKPD.  Kepolisian Resor (Polres) Manokwari, kembali menelisik praktek dugaan korupsi di sejumlah Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkup Kabupaten Manokwari.

Kapolres Manokwari AKBP Adam Erwindi, SiK menegaskan, jajaran Polres Manokwari tak akan main kedip-kedipan dengan pengungkapan penuntasan dugaan kasus korupsi. Apalagi yang telah dilaporkan oleh masyarakat. Hal ini akan dibuktikannya, pada tahun berjalan 2018 dalam waktu dekat.

“Sekarang ini kami sedang Pulbaket (Pengumpulan bahan keterangan) dan Puldata (Pengumpulan data) terhadap beberapa proyek yang berbau KKN (Korupsi Kolusi dan Nepotisme) yang terjadi pada tahun-tahun sebelumnya. Kita tetap melakukan penyelidikan, terhadap dugaan praktek korupsi,” kata Kapolres, Kepada Papuabaratoke.com, Rabu (31/1/2018).

Penyidik, kata dia, masih mendalami dan membutuhkan berbagai keterangan dari saksi-saksi lain terkait dengan keterlibatan sejumlah pejabat dalam pemerintahan khususnya, yang dilaporkan adanya unsur tindak pidana korupsi.

“Beberapa oknum pejabat dan mitra terkait, benar, telah kami panggil untuk diklarifikasi lebih dulu. Sehingga sangat diharapkan, sekecil apapun informasi keluhan masyarakat terhadap adanya indikasi menggunakan uang negara, agar dilaporkan, supaya segera diselidiki dan ditindak lanjuti,” ungkapnya.

Dicerca, untuk dirincikan Kasus dugaan mana saja yang sementara diselidiki lebih lanjut, Kapolres enggan berkomentar lebih jauh. Namun tegasnya, beberapa dokumen pemeriksaan setelah dirampungkan.

Dan selanjutnya akan disampaikan kepada pimpinan, untuk dilakukan ekspos peningkatan status dari penyelidikan ke penyidikan. Ekspose digelar, untuk melihat dan memaparkan sejauh mana perkembangan dan penanganan perkara kasus yang kini dalam tahap penyelidikan di ranah hukum Polres Manokwari.

“Kita harap secepatnya dari hasil Pulbaket sudah bisa A-1 dan segera ada titik terang penuntasan kasus korupsi. Nanti kita pasti akan ekspose, saya tidak mau tutup-tutupi,” tukas Erwindi.

Baca Juga:  As Roda Depan Patah, Sicantik Tergelincir

Ia menjelaskan, bahwa jajaran Polres Manokwari untuk target tahun 2018 diberikan intruksi penyelesaian 2 kasus baru dugaan kasus korupsi, khususnya di ranah Pemerintahan. terkait penggunaan anggaran APBN dan APBD.

“Kami ditargetkan ada 2 kasus harus dituntaskan dalam tahun ini. Tapi kalau untuk lidik kita ada banyak target di tahun 2018 ini, dan masih dalam tahap Pulbaket,” jelasnya.

“Selain itu masih ada 4 – 6 kasus lidik utang dari tahun 2017 yang kita masih lakukan pengembangan lebih lanjut, untuk naik ketahap sidik atau penyidikan.

Penulis : Adrian Kairupan
Editor : Kris Tanjung
Comments
Loading...
error: Content is protected !!