Portal Berita Papua Barat

Pulmon Diklaim Pulau Penampung Sampah Kota Manokwari

0 163
Sampah Kota Manokwari
Sampah Kota Manokwari – Sebanyak 500 kantong sampah plastik yang berhasil dikumpul oleh komunitas masyarakat peduli lingkungan, dari pulau lemon Manokwari, Sabtu (24/2/2018) kemarin. (Foto: Istimewa)
Manokwari, Papuabaratoke.com – Sampah Kota Manokwari.  Pulau lemon (Pulmon) di Kabupaten Manokwari diklaim sebagai pulau penampung sampah Kota Manokwari.

Salah satu tokoh masyarakat sekaligus tokoh agama di Pulmon, Daniel Awom mengklaim bahwa setiap harinya pesisir laut Pulmon sangat memprihatinkan dengan kondisi sampah rumah tangga yang kerap terdampar di bibir pantai pulau tersebut.

Hal ini disampaikan Ketua Fraksi Otsus di DPR Papua Barat Yan Yoteni dalam sebuah pesan kutipan di grup WhatsApp Jaga Papua, Minggu (25/2/2018) malam.

“Para tokoh agama dan Gereja Waran sampaikan terima kasih kepada masyarakat kota Manokwari yang setiap harinya rajin kirim sampah ke Pulmon. Mulai dari sampah plastik, kaleng, kasur bekas, perut kambing, perut babi sampai kotoran manusia setiap harinya,” ungkap Yan Yoteni dalam pesan WhatsAppnya.

Terkait hal ini, Yan Yoteni berharap, aksi bersih-bersih sampah di Pulmon, Sabtu 24 Februari 2018, yang dilakukan oleh berbagai komunitas lingkungan kemarin diharapkan mampu membangun kesadaran masyarakat untuk tak membuang sampah sembarangan.

“Kan kasian saudara-saudara kita di pulau lemon dan mansinam,” tukas Yan Yoteni.

Diberitakan, sebanyak puluhan komunitas masyarakat berhasil bebaskan pulau lemon dari sampah. Pasalnya, jumlah sampah plastik yang berhasil dikumpul yakni mencapai 500 kantong sampah.

Aksi yang melibatkan sekitar 30 komunitas ini, terdiri dari komunitas Anak Air Manokwari (KAAM) Provinsi Papua Barat, Komunitas Molo Manokwari, Himpunan Ahli Kesehatan Lingkungan (HAKLI) Papua Barat, TNI, Polri, Pemerintah daerah, instansi terkait, stakeholder dan masyarakat peduli lingkungan lainnya yang ada di Manokwari.

Turut hadir dalam aksi bersih pulau lemon itu diantaranya Kabinda Papua Barat, Ketua Fraksi Otsus DPR Papua Barat, Yan Anton Yoteni, staf ahli bidang politik kabupaten Manokwari, Dinas Pariwisata Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Manokwari.

Baca Juga:  Wabup Budoyo Resmi Lepas Jamaah Umroh ke Tanah Suci, Ketua MUI: Terimakasih Bapak Bupati
Penulis : Adrian Kairupan
Editor : Kris Tanjung
Comments
Loading...
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com