Portal Berita Papua Barat

Puluhan Siswa CPNS Kemenkumham Ikut Orientasi Pembinaan Kemandirian

0 9
Siswa CPNS Kemenkumham
Siswa CPNS Kemenkumham – Kalapas Kelas II B Manokwari Yosef Yembise, saat memberikan amanah dalam orientasi Siswa/i CPNS Kemenhumkam, di Lapas kelas II B Manokwari, Selasa (13/2/2018) pagi. (Foto: Adrian Kairupan/PBOKe)

Manokwari, Papuabaratoke.com – Siswa CPNS Kemenkumham.  Puluhan siswa CPNS Kementerian Hukum dan Ham (Kemenkumham) Wilayah Papua Barat mengikuti masa orientasi pembinaan kemandirian.

Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Manokwari Yosef Yembise mengingatkan, dengan banyaknya temuan kasus pelanggaran dan mekanisme pembinaan warga di Lapas dan Rumah Tahanan (Rutan) yang masih belum maksimal.

Untuk itu diharapkan kepada siswa CPNS Kemenhumkam Papua Barat yang telah lolos seleksi dan sementara mengikuti masa orientasi siswa/i CPNS selama sebulan di Lapas Kelas II B Manokwari, dapat mengikuti proses secara baik.

Dikatakan pembinaan mental dan karakter CPNS yang nantinya usai dinyatakan berhasil, akan bertugas di setiap Lapas dan Rutan di Papua Barat.

“Kepada CPNS yang akan bertugas di Lapas dan Rutan diharapkan agar mampu menyelesaikan masalah bukan malah menambah masalah. Jangan pernah mengkhianati amanah yang telah diberikan kepada kita,” ujar Kalapas Yosef Yembise, saat memberikan amanah dalam orientasi Siswa/i CPNS Kemenhumkam, di Lapas kelas II B Manokwari, Selasa (13/2/2018) pagi.

Hal ini kata dia untuk menjawab sejumlah persoalan yang nantinya akan membuat wajah Lapas dan Rutan Papua Barat kedepan dapat bersih dari segala penilaian negatif.

Diantaranya, seperti menangkal adanya upeti, dan mencegah pengendalian kejahatan dan dari dalam lapas, yang masih terngiang di pandangan masyarakat.

“Kepada 96 siswa CPNS lingkup kemenhumkam Papua Barat ini, saya harap kedepan dapat merubah pandangan dan wajah akan lapas. dimana masih menyebutkan lapas itu seram, tidak ada pembinaan itu sangat salah, dan harus dirubah,” ucap Yembise.

Yembise menjelaskan, CPNS Kementrian Hukum dan HAM Papua Barat Tahun anggaran 2018, adalah figur-figur yang diharapkan bisa menghadirkan semangat baru di lingkup Kemenkumham di Papua Barat

Baca Juga:  Mahasiswa Malamoi Desak Pemkot Sorong Cairkan Sisa Beasiswa.

“Penting bagi CPNS untuk mengetahui tugas pokok dan fungsi UPT sehingga kedepan saling sinergi dalam melaksanakan tugas pada unit kerja masing-masing. Dan dengan begitu tidak ada lagi ego sektoral yang dapat merugikan” jelasnya.

Adapun dalam masa pembinaan orientasi CPNS tersebut, kepada 96 siswa/i ini diajarkan terkait seputar pengenalan akan lingkungan kehidupan narapidana dan warga binaa di lapas kelas IIb, penanganan pelayanan yang benar kepada Warga binaan dan Narapidana sesuai HAK dan Kewajiban.

“Jadilah PNS yang pekerja keras, disiplin dan taat hukum,” tutup Yembise.

Penulis : Adrian Kairupan
Editor : Kris Tanjung
Comments
Loading...
error: Content is protected !!