Portal Berita Papua Barat

Rektor Manusawai, Ajak IKA Unipa Perkuat Eksistensi Persatuan Alumni

0 59
IKA Unipa Perkuat Eksistensi Persatuan Alumni
IKA Unipa Perkuat Eksistensi Persatuan Alumni – Rektor Universitas Papua (Unipa) Manokwari, Dr. Ir. Jack Manusawai, MH bersama sejumlah Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Unipa pada malam alumni di Aula Kampus Unipa Amban, Kamis (29/3/2018) malam. (Foto: Istimewa)
Manokwari, Papuabaratoke.com – IKA Unipa Perkuat Eksistensi Persatuan Alumni.  Rektor Universitas Papua (Unipa) Manokwari, Dr. Ir. Jack Manusawai, MH, mengajak seluruh Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Unipa ikut bertanggung jawab memperkuat eksistensi persatuan alumni.

Seruan ini disampaikan Manusawai saat menghadiri malam Alumni di Aula Kampus Unipa Amban, Kamis (29/3/2018) malam.

Manusawai menilai kondisi persatuan IKA Unipa sedikit memperhatikan dalam berpartisipasi mengikuti kegiatan alumni sebagai satu kesatuan yang tak terpisahkan dari proses wisuda. Pasalnya kata dia, adanya IKA, merupakan unsur penting untuk membesarkan dan mempengaruhi Universitas dalam perkembangannya.

Oleh sebab itu, alumni sebagai almamater Unipa harus serius terlibat dan melibatkan diri didalam setiap kegiatan alumni.

Diakui bahwa DPP IKA Unipa awalnya memang kecil, ibarat tumbuhan dalam masa pertumbuhan, namun diyakini dengan komitmen persatuan bersama, IKA Unipa akan berkembang maju sehingga Unipa mampu terus berkembang kedepan.

“Contoh diantara alumni Unipa yang menjadi pemimpin saat ini dan berpengaruh sebagai orang-orang hebat serta sukses, sebagian besarnya adalah mereka yang saat di kampus hanya biasa-biasa saja, tidak memiliki prestasi cumlaud, tetapi hanya karena saat di kampus mereka belajar untuk bermanfaat bagi sesama,” kata Manusawai.

Dikemukakan, desain dan RAB pembangunan gedung DPP-IKA Unipa telah diserahkan Kepada Ketua Umum DPP IKA UNIPA, Petrus Kasihiw, untuk dilanjutkan pembangunannya.

Ia mengatakan, bentuk bangunan berlantai dua, pada lantai satu itu akan digunakan sebagai pusat bisnis. Sedangkan lantai dua, difungsikan untuk kegiatan DPP IKA Unipa, BEM, Darmawanita, yang lokasinya berada di lokasi kegiatan UKM Saat ini.

Diakhir sambutannya, Rektor Unipa menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh alumni, baik FPPK, Faperta Uncen, dan Unipa serta menitipkan kegiatan lokakarya, terkait isu-isu pembangunan di Papua Barat khususnya dan tanah Papua umumnya.

Baca Juga:  Cuaca Buruk Picu Harga Ikan Naik Dua kali Lipat

Ketua Dewan Pengurus Pusat (DPP) IKA) Unipa, Masa Bakti 2017-2022, Petrus Kasihiw menjelaskan, saat ini dalam pembenahan administrasi, khususnya pemberkasan legalitas organisasi ke Kasbangpol, pembangunan gedung DPP.

IKA Unipa, pembentukan pengurus IKA-Unipa di Tingkat Kabupaten/Kota. Dikatakannya, bahwa dalam waktu dekat akan siap melantik DPC IKA Unipa Kabupaten Fakfak dan diawal April akan diadakan rapat pengurus pemantapan pelaksanaan kegiatan.

Wakil Ketua Panitia Malam Alumni, Hermanus Sikoway, menyampaikan permohonan maaf atas minimnya partisipasi alumni, khususnya wisudawan periode dua, tahun akademik 2017-2018.

Selain itu, dikatakan bahwa sedang mempersiapkan data alumni secara lengkap, termasuk pekerjaan agar dapat diinput oleh pengurus IKA-Unipa. Acara Malam Alumni yang dilaksanakan bersamaan pelaksanaan wisuda, diharapkan kedepan semakin meningkat partispasi wisudawan.

“Malam alumni juga, dihadiri oleh Alumni, FPPK, Faperta Uncen dan Unipa, baik dalam Manokwari maupun dari luar Manokwari. Ramah tamah alumni, diceriakan dan dihibur oleh paduan suara remaja Petrus Amban. Bayu Handriyanto dan rekan bersama pemain Keybord Ali Akbar, asal Jakarta yang suksesnya pelaksanaan malam alumni didukung oleh Rektor Unipa, Ketua DPP-IKA Unipa, Ketua Panitia – Markus Waran, serta civitas akademika Unipa, Pengurus DPP IKA Unipa, Alumni FPPK, Faperta Uncen, dan Unipa,” ungkap salah satu alumni Unipa, Johanis Ada Lebang.

Penulis: Hanas Warpur
Editor : Kris Tanjung
Comments
Loading...
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
error: Content is protected !!