Portal Berita Papua Barat

Resmi Dikukuhkan, OJK Harap TPAKD Mampu Turunkan Tingkat Kemiskinan Daerah

0 76
OJK Harap TPAKD Mampu Turunkan Tingkat Kemiskinan
OJK Harap TPAKD Mampu Turunkan Tingkat Kemiskinan – Pembacaan Pengukuhan Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) Provinsi Papua Barat oleh wakil Gubernur Papua Barat, Mohamad Lakotani, di lantai 3 gedung Sekretariatan Provinsi Papua Barat, Kamis (8/3/2018).(Foto: Kris Tanjung/PBOKe)
Manokwari, Papuabaratoke.com – OJK Harap TPAKD Mampu Turunkan Tingkat Kemiskinan.  Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengharapkan Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) mampu menurunkan angka kemiskinan daerah di Papua Barat.

Hal ini disampaikan, Dewan Komisioner Bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen OJK, Tirta Segara dalam kegiatan pengukuhan TPAKD Provinsi Papua Barat, di lantai 3 gedung sekretariatan Provinsi Papua Barat, Kamis (8/3/2018).

Dikemukakan, terlaksananya pengukuhan TPAKD, menunjukan dukungan dan komitmen penuh Pemerintah Papua Barat guna terwujudnya pelayanan keuangan yang meluas dan merata di Papua Barat.

Meski demikian, kata dia, TPAKD harus mampu melaksanakan tugansya sehingga dapat mendorong peningkatan perluasan akses keuangan dan menurunkan tingkat kemiskinan serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Data dari Badan Pusat Statistik (BPS) pada September 2017, tingkat ketimpangan penduduk di Papua Barat masih cukup tinggi. Proporsi penduduk miskin di Papua Barat, mencapai 23 persen dan tingkat nasional 10,1 persen. Nah ini menjadi pekerjaan rumah untuk diperbaiki oleh kita bersama,” tuturnya.

Selain itu, masih rendahnya tingkat pemahaman masyarakat terhadap pengelolaan keuangan daerah.

“Bukti empiris menunjukan perluasan akses keuangan, khususnya pembiayaan yang terjangkau di masyarakat sehingga mendorong penurunan tingkat kemiskinan di Papua Barat,” ucapnya lagi.

Baca Juga:  Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah Papua Barat Dikukuhkan

Karenanya, ia mengharapkan seluruh pemangku kepentingan di daerah Papua Barat, harus mancari terobosan dalam memperluas akses keuangan guna mendukung keuangan dan ekonomi yang lebih produktif serta merata.

“Sekali lagi semoga TPAKD Papua Barat dapat melaksanakan akses keuangan daerah sehingga membantu pencapaian target inklusif keuangan derah seusi Peraturan Presiden RI,” imbuh dia.

“Oleh karena itu program-program TPAKD harus secara kongkrit sehinga mampu mengembangkan potensi ekonomi daerah,” harapnya.

Terakhir Tirta mengungkapkan, bahwa dalam mewujudkan perluasan akses keuangan daerah, ada empat variabel utama yang menjadi pedoman.

Yaitu, mengedepankan komitmen yang kuat, melaksanakan program dengan bersinegri dan kolaborasi yang kokoh, didukung infrastruktur yang memadai dan informasi yang lengkap mengenai ekonomi daerah dan proses monitoring serta evaluasi dalam setiap pelaksanaan program.

“Kami (OJK, red) akan selalu siap memberikan dukungan yakni terkait pengalaman-pangalan yang pernah dilakukan oleh TPAKD di daerah-daerah lain yang sukes dengan program-programnya,” tutupnya.

Penulis : Kris Tanjung
Comments
Loading...
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com