Portal Berita Papua Barat

Ria, Anak Penjahit Yang Sukses Raih Predikat Lulus Dengan Pujian

0 30

Manokwari, Papuabaratoke.com – Rasa haru dan bangga. Ya, itulah yang terpancar saat nama Ria Riliaty, S.Si dipanggil sebagai salah satu lulusan sarjana terbaik, lulus dengan predikat Pujian (cumlaude) saat wisuda UNIPA, Jumat (2 Juli 2017).

Mahasiswi Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) Universitas Papua ini bergabung bersama 28 rekannya yang juga mendapat predikat lulus dengan Pujian.

Kepada PBOke, wanita kelahiran Manokwari, 6 September 1994 silam ini membeberkan bagaimana kiat hingga mendapapat gelar dengan pujian (sebelumnya cumlaude).

“Waktu kuliah itu saya tidak tahu banyak, apa itu cumlaude. Dalam prosesnya saya hanya mengandalkan doa, kerja keras, strategi belajar dan tentu dukungan orang tua dan keluarga,” bebernya.

Anak tunggal dari pasangan Ridwan dan Ibu Muliati ini, mengaku tidak ada trik khusus untuk menggapai hasil yang diperolehnya sekarang.

“Saya membuat catatan kecil atau unik setiap mata kuliah. Selesai kuliah harus dicicil dan selesaikan H-1. Hormati siapa saja yang menyampaikan ilmu dan tidak buat gerakan tambahan,” terangnya.

Usai kuliah, wanita berparas manis asli Makassar ini selalu meluangkan waktu untuk membaca, sambil membantu kerja orang tuanya yang merupakan penjahit.

“Dan satu lagi, banyak sharing sama kakak tingkat dan adik tingkat (dari hati ke hati),” sahutnya sambil tersenyum.

“Untuk adik-adik yang belum lulus, belajarlah sekuat tenaga. Andalkan kemampuan dan ingat berdoa. Sharing mata kuliah dengan senior dan junior itu juga penting,” tambahnya. (TOM/PBOke)

Comments
Loading...
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com