Portal Berita Papua Barat

Sabhara Polres Manokwari Kerap Uji Kemampuan Almatsus

0 74
Uji Kemampuan Almatsus
Uji Kemampuan Almatsus – Kasat Sabhara Polres Manokwari, Iptu Siswanto, SH, saat memperlihatkan penggunaan senjata Almatsus, di Mapolres Manokwari, Kamis (25/1/2018).
Manokwari, Papuabaratoke.com – Uji Kemampuan Almatsus.  Satuan Dalmas Sabhara (Sat Dalmas Sabhara) Polres Manokwari, mengklaim kerap melakukan pengujian kemampuan personil dan Almatsus (Alat matrial khusus). Hal ini untuk meningkatkan kemampuan personil sabhara menggunakan alat yang dimiliki pasukan, Almatsus tersebut.

Kasat Sabhara Polres Manokwari Iptu Siswanto, SH, mengatakan, saat ini tugas yang diemban Sabhara mulai dengan peralatan yang modern. Sehingga penting peralatan yang dimiliki itu rutin diuji coba agar tak mengalami kerusakan lantaran massa pemakaiannya jarang diperhatikan.

“Selama ini ada banyak alat yang diserahkan kepada kita kerap ada yang tidak fungsi dengan baik. Jadi semenjak diserahkan kepada kita Sat Dalmas Sabhara Polres, dari Sarpras Polda Papua Barat November 2017 lalu. Kita sudah beberapa kali latihan penggunaannya,” ujar dia kepada Papuabaratoke.com diruang kerjanya, Kamis (25/1/2018).

“Yang intinya itu, kita wajib lakukan semua devisi untuk latihan agar semua terampil, dan mampu menggunakan peralatan tersebut dengan baik. Jangan sampai peralatan yang kita miliki tidak tau digunakan oleh (Anggota Sabhara, red), atau dibiarkan hingga rusak,” cetusnya.

Siswanto membeberkan, Almatsus Sabhara yang diterimakan dari Sarpras Polda Papuat Barat untuk Dalmas Polres Manokwari, diantaranya adalah Pelontar Laras panjang, Infinitif Antiriot Gas Gun, Fortable Multy Lounger dan Drenade Smoke Poder serta Hand Smoke.

“Sejak diterima, kita sudah update latihan di pantai amban, dan di lapangan tembak Polres. Uji coba daya tahan rompi anti peluru juga kita sudah lakukan dengan uji coba tembak dari senjata laras panjang, dan laras pendek agar rekan-rekan dapat mengetahui dan mengerti kelebihan masing-masing penggunaan alat alat khusus Dalmas Sbhara ini,” terang dia.

Untuk itu, ia berharap, melalui pelatihan rutin dan semua personil Sabhara mampu menggunakan peralatan, sehingga kekuatan Sabhara Polres Manokwari bisa tampil elegan dengan peralatan yang dimiliki.

Baca Juga:  Terpidana Rumadas dan Auri, Kompak Dirawat di RSAL

“Tugas pokok sabhara adalah berlatih, dan mengusai peralatan dengan kecepatan yang tinggi sehingga meningkatkan kepercayaan kepada kita. Tidak ada peralatan yang diberikan hanya menjadi pajangan. Maka dari itu harus digunakan. Kita punya sekitar 80 personil anggota, saya harap anggota ini bisa menjadi unjung tombak dilapangan,” Pungkasnya.

Penulis : Adrian Kairupan
Editor : Kris Tanjung
Comments
Loading...
error: Content is protected !!