Portal Berita Papua Barat

Sambangi SMA Negeri 1 Warmare, Senator Mervin Komber Kumandangkan Pancasila

0 175
Kumandangkan Pancasila
Kumandangkan Pancasila – Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Perwakilan Papua Barat, Mervin Irian Sadipun Komber (Kemeja putih) usai saat mensosialisasikan empat pilar kebangsaan di SMA Negeri 1 Warmare Kabupaten Manokwari, Sabtu (24/2/2018). (Foto: Clemens Mandacan/PBOKe)

Manokwari, Papuabaratoke.com – Kumandangkan Pancasila.  Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Perwakilan Papua Barat, Mervin Irian Sadipun Komber, mengumandangkan pancasila sebagai dasar negara Indonesia.

“Ideologi kita bangsa Indonesia hanya satu yakni pancasila. Pancasila adalah dasar negara kita yang kuat,” ucap Mervin Komber, saat mensosialisasikan empat pilar kebangsaan di SMA Negeri 1 Warmare Kabupaten Manokwari, Sabtu (24/2/2018).

Dikemukakan, pancasila itu adalah dasar negara dimana Mahkamah Konstitusi (MK) menegaksan, bahwa pancasila bukanlah pilar melainkan dasar negara.

Ia pun memisalkan, jika suatu rumah tanpa sebuah pondasi, maka itu bukanlah rumah. Dan begitu pun negara Indonesia mempunyai pondasi yang disebut dengan pancasila.

Dalam kesempatan itu, ia pun mengajak para siswa-siswi mengobarkan pancasila dengan menyebutnya.

“Ketuhanan Yang Maha Esa, Kemanusiaan yang adil dan beradab, persatuan Indonesia, Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyahwaratan dan perwakilan, keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia,” seruhnya bersama siswa/siswi setempat.

Pantauan lansung PBOKe.com (Papua baratoke.com) para siswa antusias dan semangat mengucapkan butir pancasila di hadapan Mervin Komber beserta Kepala Kantor DPD RI perwakilan Papua Barat dan Kepala SMA Negeri 1 Warmare serta para guru.

“Ade-ade jangan lagi berkelahi dengan teman, tetangga rumah, tidak membeda-bedakan, ras, suku dan agama. Sesama teman atau orang lain, itu sudah mengamalkan pancasila, menjaga negara kesatuan republik Indonesia (NKRI),” ucap pria kelahiran Fak-Fak, penggagas dan aktif mengkampanyekan kantin kejujuran di sekolah-sekolah tersebut.

Lewat soasialisasi tersebut Ia juga memberikan pemahaman akan sistem kenegaraan Indonesia, juga lembaga-lembaga tinggi negara Republik Indonesia

Mervin menuturkan tujuan dari pada sosialisasi pilar kebangsaan di sekolah, agar generasi bangsa ini mendapatkan pengetahun dan bekal dalam kehidupan berbangsa dan negara.

Baca Juga:  Bahas Upah Pekerja, DPD RI dan DPD GSBI Papua Barat Lahirkan Kesepakatan

Sosialisasi yang didampingi oleh Alfonsius Rudi Dagomes Kepala Kantor DPD RI Perwakilan Papua Barat dan para staf kantor tersebut berjalan dengan baik hingga selesai.

Kumandangkan Pancasila
Kumandangkan Pancasila – Maxi Tepple Kepala Sekolah SMA Negri 1 Warmare Kabupaten Manokwari, kiri kepala kantor DPD RI Perwakilan Papua Barat kiri baju putih, Mervin I.S.Komber Anggota DPD RI Dapil Papua Barat (Kiri) saat mensosialisasikan empat pilar kebangsaan di SMA Negeri 1 Warmare Kabupaten Manokwari, Sabtu (24/2/2018). (Foto: Clemens Mandacan/PBOKe)

Maxi Tepple Kepala SMA Negeri 1 Warmare Kabupaten Manokwari mengucapkan, banyak terimakasih dilaksankannya sosialisasi empat pilar kebangsaan tersebut.

“Suatu kehormatan bagi kami, karena lembaga tinggi negara melalui Mervin Irian Sadipun Komber bisa mengunjungi sekolah kami. Dan anak-anak sangat semangat mendengarkan sosialisasi ini. Harapan kami kelak merekalah generasi kita yang eksis menjaga bangsa ini dari perbedaan, ras, suku dan agama demi Indonesia jaya yang kita cintai,” ucapnya.

Penulis : Clemens Mandacan
Editor : Kris Tanjung
Comments
Loading...
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com