Portal Berita Papua Barat

Sampah Kian Meresahkan, Masyarakat Pulau Lemon Sambangi DPD RI

0 199
Masyarakat Pulau Lemon Sambangi DPD RI
Masyarakat Pulau Lemon Sambangi DPD RI – Anggota DPD RI Komite II Mamberob Yosephus Rumakiek, saat menerima beberapa perwakilan warga Masyarakat Pulau Lemon yang menyampaikan aspirasi di kantor DPD RI perwakilan Papua Barat Jalan Merdeka Manokwari, Kamis (2/3/2018).(Foto: Clemens Mandacan/PBOKe)
Manokwari, Papuabaratoke.com – Masyarakat Pulau Lemon Sambangi DPD RI.  Masyarakat pulau Lemon Manokwari, akhirnya menyambang gedung sekretariatan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) perwakilan Manokwari Papua Barat di Jalan Merdeka, Jumat (2/3/2018).

Hal ini untuk menyampaikan keluhan terkait persoalan sampah kiriman di pulau Lemon yang kian meresahkan masyarakat sekitar. Aspirasi tersebut lansung disampaikan kepada Mamberob Yosepus Rumakiek, anggota DPD RI Komite II, dapil Papua Barat, Kamis (1/2/2018).

Pantauan lansung Papuabaratoke.com, Mickha Awom, salah satu perwakilan pemuda, masyarakat pulau lemon menuturkan, dampak lansung dari pada liarnya masyarakat perkotaan membuang sampah di sungai dan atau laut imbasnya kepada kami masyarakat yang berada di pulau Lemon dan pulau Mansinam, bukan hanya itu para nelayan atau taxi laut yang hendak melintas di perairan laut sekitaran kewalahan akibat sampah.

“Kitong kalo pakai perahu motor kadang sampah nyangkut di wayar motor Jonson,” ucapnya.

Selain itu, akibat dari sampah kirimam ini, terbawa arus dan pasti saja mendarat dibibir pantai kedua ulau Lemon dan Mansinam, sehingga sangat mengganggu.

Salah satu aspirasi yang disampaikan tersebut juga ia menuturkan jika terdapat petugas sampah di darat semestinya di laut juga ada.

“Kami harus ada tim biru (Petugas sampah di laut) dengan melibatkan masyarakat yang terkena dampak lansung,” imbuhnya.

Mendengar itu, Mamberob Yosephus Rumakiek anggota DPD RI Komite II Perwakilan Papua Barat, menuturkan meski tak berjanji namun pihaknya akan tmendorong hal ini guna mencari solusinya.

“Kami akan sampaikan aspirasi bapak, saudara-saudara pemuda lansung ke pusat. Kebetulan saya dikomite II salah satunya membicarakan tentang lingkungan hidup dan persampahan. Tapi sebelumnya saya juga harus menemui pemda Manokwari dalam hal ini istansi terkait agar singkron dan juga mendengar apa yang membuat lemahnya pengelolaan sampah di perairan (laut). Setelah itu barulah saya dorong dipusat di kementrian terkait,” aku dia.

Baca Juga:  Warga Keluhkan Kebunnya ‘Dipenuhi’ Sampah Polda
Penulis : Clemens Mandacan
Editor : Kris Tanjung
Comments
Loading...
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
error: Content is protected !!