Portal Berita Papua Barat

Sampah Rumah Tangga di Manokwari Capai 160 Ton per Hari

0 15
Sampah Rumah Tangga
Sampah Rumah Tangga – Kepala Seksi Bidang Strategis dan Perencanaan Persampahan Dinas Lingkungan Hidup Kab. Manokwari, Jhon Fonataba. (Foto: Razid Fatahuddin/PBOKe)
Manokwari, Papuabaratoke.com – Sampah Rumah Tangga.  Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Manokwari mencatat rata-rata volume sampah yang dihasilkan mencapai 160 ton per hari. Sampah ini didominasi sampah rumah tangga.

“Kita sudah kerja sama dengan pihak Unipa dalam pembuatan master plan persampahan. Dalam sehari sampah yang diproduksi dari wilayah Arowi, Distrik Manokwari Timur sampai dengan wilayah Sowi, Distrik Manokwari Selatan bisa mencapai 160 an kubik,” kata Kepala Seksi Bidang Strategis dan Perencanaan Persampahan DLH, Jhon Fonataba, Jumat (2/2/2018).

Dia mengatakan, penyusunan masterplan program sudah jadi. Dan, saat ini tinggal menunggu realisasi anggaran, untuk dapat melaksanakan program tersebut.
“Tahun ini kita mendapatkan anggaran agak lebih, tunggu DPA turun baru kita lakukan sosialisasi. Armada yang ada saat ini tidak mampu mengakomodir sampah yang diproduksi. Kita harapkan ada dukungan dari kalangan swasta – pengusaha,” ujar dia.

Armada persampahan di Kabupaten Manokwari didominasi oleh kendaraan dengan usia sudah uzur. Rata-rata berusia 11-15 tahun ke atas. Dengan kondisi seperti itu, praktis, sampah yang ada sulit dikelola dengan maksimal.

“Kondisi armada sampah cukup memprihatinkan, jalan 2-3 hari, pasti harus masuk bengkel lagi. Tahun ini, kami pengadaan satu amrol dan 3 truk sampah. Tahun 2017, pemprov Papua Barat juga membantu kami dengan 3 truk, masih kita tunggu realisasinya,” beber Jhon.

Selain menambah jumlah armada, guna mengoptimalkan pengelolaan persampahan. DLH juga merencanakan penambahan tenaga kebersihan sebanyak 60 orang. “Saat ini sedang dipersiapkan proses perekrutannya oleh DLH,” imbuhnya.

Penulis : Razid Fatahuddin
Comments
Loading...
error: Content is protected !!