Portal Berita Papua Barat

Seleksi Calon Panwas Distrik, Perempuan Harus Aktif

0 57
Seleksi Calon Panwas Distrik
Foto ist : (kiri) Kasek Panwaslu Mkw Paskalis Borlak, (kanan) Ketua Panwaslu Mkw Policarpus Manobi
Manokwari, Papuabaratoke.comSeleksi Calon Panwas Distrik.  Proses seleksi calon anggota panwas distrik se-Kabupaten Manokwari resmi dibuka sejak 24 September lalu, yang ditandai dengan pembukaan pendaftaran. Sesuai jadwal, proses pendaftaran akan berlangsung hingga 2 Oktober mendatang.

Ketua Panwaslu Kabupaten Manokwari Policarpus Manobi, Rabu (27/9/2017) mengatakan tahapan seleksi akan dilakukan oleh Kelompok Kerja (Pokja) yang terdiri dari 13 orang. Ia mengatakan, seleksi ini untuk mendapatkan 27 anggota panwas di 9 Distrik se-Kabupaten Manokwari.

“Kami cari anggota panwas distrik yang miliki integritas dan profesional serta bekerja jujur dan adil sesuai kehendak Undang-Undang nomor 7 tahun 2017 tentang pelaksanaan penyelengara pemilu. Panwas distrik terdiri dari 3 orang,” katanya.

Seleksi Calon Panwas Distrik
Tampak seorang warga saat mendaftar seleksi calon anggota panwas distrik

Kepala sekretariat Panwaslu, Paskalis Borlak menambahkan, animo masyarakat mengikuti seleksi panwas distrik sangat tinggi. Yang dibuktikan dengan jumlah pelamar kian bertambah. “Tidak ada batasan peserta tetapi kita harapkan ada keterwakilan perempuan sesuai dengan amanat pasal 132 UU nomor 7 tahun. Perempuan juga harus punya peran aktif dalam penyelengaraan pemilu,” ujar Borlak.

Seleksi panwas distrik dijamin akan berlangsung transparan guna mendapatkan calon anggota  yang memiliki integritas tinggi serta mampu bekerja dengan profesional, jujur, dan adil. Untuk itu, sambung, Borlak, pokja akan bekerja optimal dalam proses seleksi tersebut.

”Kita akan bekali anggota panwas melalui bimbingan teknis sehingga pengawasan pemilu bisa berjalan baik mulai dari panwaslu, panwas distrik, petugas pengawas lapangan hingga pengawas TPS. Kita akan optimalkan pencegahan terhadap indeks kerawanan pemilu,” terangnya.

Dalam proses seleksi ada satu tahapan yang cukup penting. Borlak mengakui tahapan tersebut berjalan optimal jika masyarakat ikut berperan aktif. “Sebelum tahap pelantikan ada waktu bagi masyarakat untuk memberikan tanggapan dan masukan terhadap calon-calon anggota distrik sehingga kita bisa menghasilkan panwas distrik yang berintegritas

Baca Juga:  Diguyur Hujan Deras, Akses Jalan Jayapura Sarmi Putus

Jadwal seleksi penerimaan panwas distrik dimulai sejak 24 September hingga 14 Oktober mendatang. “Tanggal 2-3 Oktober proses verifikasi berkas, tanggal 6-7 Oktober ujian tertulis, dan tanggal 9-10 pengumuman hasil tes dan fit and proper test. Masa ini kami harapkan ada masukan masyarakat terkait calon-calon panwas distrik,” terangnya.

Data yang dihimpun PBOke (papuabaratoke.com), hingga sore tadi, tercatat pendaftar terbanyak berasal dari Distrik Manokwari Barat dengan total 22 orang. Sementara, Distrik Prafi paling sedikit, yaitu 2 orang. “Apabila pendaftar di distrik kurang dari 12 orang maka akan dibuka pendaftaran tahap dua,” imbuh Borlak. (ARF/PBOke)

Comments
Loading...
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com