Portal Berita Papua Barat

Sepekan Buka Pendaftaran, Ratusan Formulir Seleksi Komisioner KPU Timsel 1, Tersebar

0 64
Formulir Seleksi Komisioner KPU Timsel 1
Formulir Seleksi Komisioner KPU Timsel 1 – Anggota timsel wilayah 1, Dr. Budi Sunarso, S.Pd., M.M. (Foto: Kris Tanjung/PBOKe)
Manokwari, Papuabaratoke.com – Formulir Seleksi Komisioner KPU Timsel 1.  Ratusan formulir pendaftaran seleksi calon anggota atau komisioner KPU di wilayah tim seleksi (Timsel 1) tersebar alias dikantongi calon peserta.

Tahapan pendaftaran yang dibuka sejak 5 April dan akan berkahir, Jumat 13 April 2018, hingga memasuki hari ke tujuh atau sepekan, sebanyak 135 formulir telah diambil para calon peserta seleksi.

Anggota timsel wilayah 1, Dr. Budi Sunarso, S.Pd., M.M menjelaskan, bahwa tahapan seleksi saat ini tengah berjalan, yakni proses pendaftaran yang akan berakhir, sekira pukul 24.00 WIT pada Jumat 13 April 2018 mendatang.

Selanjutnya kata dia, jika dalam tahapan pendaftaran ini atau hingga tanggal 13 April, ternyata ada di antara kabupaten tersebut jumlah atau kuota peserta tak mencapai 40 orang, sebagaimana standar minimal yang ditentukan dalam petunjuk teknis (Juknis), maka akan kembali dilakukan perpanjangan waktu pendaftaran hingga, 20 April 2018.

“Setelah tanggal 20 April, timsel akan memplenokan untuk selanjutnya peserta mengikuti tes tertulis menggunakan sistim Computer Assisted Test (CAT) pada tanggal 30 April 2018,” terang Budi Sunarso

Kemudian, lanjutnya, bagi perserta yang dinyatakan lolos pada tes tertulis tersebut, akan mengerucut menjadi 20 orang setiap kabupaten untuk mengikuti tahapan tes psikologi dan kesehatan.

“Di tahapan tes psikologi, sangat mungkin akan ada yang gugur. Dan hingga sampai pada tes wawancara akan tersisa 6 orang untuk masing-masing di 5 kabupaten dan yang selanjutnya akan diajukan ke KPU RI,” katanya.

Budi Sunarso menyebutkan, namun khusus untuk Kabupaten Teluk Bintuni, sesuai ketentuan, akan ada 10 nama peserta yang diajukan ke KPU RI.

“Nah, di KPU RI, akan dilakukan uji kepatutan dan kelayakan atau fit and proper test untuk memilih 3 Komisioner KPU . Sisanya 3 orang, sebagai cadangan, bilamana ada terjadi sesuatau atau pergantian antar waktu (PAW),” jelasnya.

Meski demikian, kata dia, di hari ke 7 ini, dari ratusan formulir yang diambil oleh calon peserta, baru sedikit yang mengembalikan alias sudah dinyatakan lengkap.

“Tapi biasanya, di hari-hari terakhir, banyak yang akan mengembalikan formulirnya, jadi kita tunggu saja,” ucapnya.

Selain itu, ia juga menyampaikan beberapa kendala yang di hadapi peserta yang berada di kabupaten Kaiman, Wondama dan Bintuni, terkait surat pernyataan tak pernah dipidana yang harus dikeluarkan Pengadilan Negeri.

“Semntara Pengadilan Negeri di Papua Barat hanya ada 2. Yaitu di Kota Sorong dan Manokwari. Sementara peserta yang di luar Manokwari kesulitan akan itu. Tapi dari hasil pleno timsel 1 memberikan kebijakan, yakni bisa menggunakan SKCK dari kepolisian dulu. Nanti ketika mereka ke Manokwari bisa disusul ke Pengadilan Negeri,” imbuh dia.

Budi Sunarso yang ditanya ihwal standar penilain timsel dalam proses seleksi tersebut, dikatakan, bahwa timsel berpedoman atau mengacu pada Juknis dan ketetapan oleh KPU. Dimisalkannya, terkait perengkingan persyaratan administrasi yang diserahkan para peserta.

“Misalnya antara peserta yang menggunakan ijazah Sarjana (S1) dengan ijazah SMA, tentu nilainya beda. Begitu juga pengalaman, orang yang memiliki pengalaman di kepemiluan berbeda yang belum memiliki pengalaman. Dan pengalaman organisasi pun demikian, nah poin-poin ini juga akan memberikan rengking,” tuturnya.

“Saran kami (Timsel, red) untuk semua calon peserta seleksi, setidaknya belajar, memantaskan diri agar layak menjadi calon komisioner KPU,” tutup Budi Sunarso.

Timsel 1 ini, akan melakukan proses seleksi, 6 kabupaten. Yakni Kabupaten Manokwari, Manokwari Selatan (Mansel) Pegunungan Arfak (Pegaf) Teluk Bintuni, Teluk Wondama dan Kabupaten Kaimana.

Penulis : Kris Tanjung
Comments
Loading...
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
error: Content is protected !!